web analytics

Pelatihan Akreditasi BAN-PT di Makasar, Perguruan Tinggi Melanggar`Etika Kena Disiplin

Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) bekerja sama dengan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) Wilayah IX Sulawesi mengadakan pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Akreditasi Perguruan Tinggi yang diadakan di hotel Aston, Makasar.

 

Pelatihan yang diadakan hari senin – rabu (16-18 Mei 2016) ini dibuka oleh Prof. Dr. Natsir Nessa, Majelis BAN-PT dan dihadiri oleh ketua KOPERTIS Wilayah IX, tim dari BAN-PT dan perwakilan perguruan tinggi swasta di wilayah IX Sulawesi yang diundang.  Pelatihan yang sama juga diadakan di Kopertis lain yang dipusatkan di Surabaya dan Bali.

 

Menurut Prof Nessa, banyak perguruan tinggi yang institusinya dan program studi yang masih terakreditasi C dan sebagan belum terakreditas. Meskipun sudah memenuhi standar minimal dan terakreditasi C, BAN-PT menargetkan  1800 prodi meningkat akreditainya dari C  menjadi B.

 

Lebih lanjut Prof Nessa mengatakan bahwa dalam pengamatan banyak perguruan tinggi yang penjaminan mutunya masih rendah. Dalam proses akreditasi terkadang apa yang dilaporkan tidak menggambarkan keadaan sebenarnya.  Pada intinya banyak perguruan tinggi yang system penjaminan mutunya masih rendah.

 

Dalam pengalaman, ada tiga macam perguruan tinggi dalam melaporkan BORANG, pertama laporan lengkap sesuai pedoman daan hasil visitasi tidak jauh berbeda dengan laporan yang diberikan. Kedua Laporan yang diberikan tidak lengkap dan tidak konsisten. Ketiga laporan asal jadi yang kemungkinan besar dibuat oleh konsultan yang tidak lain adalah calo dengan dalih mau membantu perguruan tinggi. Kenyataannya laporan tidak sesuai dengan kondisi perguruan tinggi dan parahnya ada  tiga perguruan tinggi yang memasukkan laporan yang persis sama, hanya nama perguruan tingginya yang diganti, artinya konsultan atau calo hanya copy paste dan mengganti nama perguruan tinggi.

 

Menurut prof Nessa, perguruan tinggi yang masuk pada kategori tiga akreditasinya ditunda dalam dua tahun dengan catatan satu tahun untuk mengirim perbaikan laporan BORANG dan satu tahun sebagai bentuk disiplin karena pelanggaran etika.

IMG01211-20160517-0920IMG01208-20160516-1936

About Echel

Check Also

Henry Walukouw, Ingatkan Terkait Pembinaan Disiplin ASN di Provinsi Sulut

Manado, Sulutlink.com – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) …