web analytics

Pelatihan Akreditasi PT : UNIMA Melakukan Pelanggaran Berat

Dalam pelatihan akreditasi perguruan tinggi yang diadakan tanggal 16-18 Mei 2016 di hotel Aston Makasar, salah satu pemakalah yang juga asesor akreditasi perguruan tinggi Prof. Dr. Bambang Setiyari mengatakan bahwa perguruan tinggi harus men jaga integritasnya dalam menyelenggarakan pendidikan di institusinya. Pemerintah sudah membuat panduan-panduan untuk menjadi panduan sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan dengan baik dan tidak ada pihak yang dirugikan dalam hal ini para mahasiswa.

 

Beliau mengatakan bahwa bulan September 2015 ada temuan adanya 1300an wisudawan yang dicurigai tidak pernah mengikuti perkuliahan tapi sudah diwisuda. Perguruan tinggi yang kedapatan melakukan pelanggaran etika seperti itu akan diberikan sanksi tegas.

Sebagai contoh Universitas Negeri Manado (UNIMA) yang akhir-akhir ini dihebohkan setelah rektornya dicopot dari jabatannya.  Menurut Bambang, Unima telah melakukan pelanggaran etika yang berat di mana telah ditemukan wisudawan yang nomornya tidak ada dan namanya tidak ada tetapi ada ijazahnya. Ada hal-hal lain juga yang menyebabkan  perguruan tinggi ini diberikan perhatian serius.

 

Beliau juga mengingatkan supaya Aptisi berperan aktif sehingga para mahasiswa tidak dirugikan apalagi masih ada temuan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tapi prodinya tidak memiliki ijin resmi. Bambang menyarankan Aptisi dapat mengiklankan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan cara yang tidak benar sehingga itu membantu calon mahasiswa dan menjadi peringatan buat penyelenggara perguruan tinggi.

Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420

About Echel

Check Also

Wagub Steven O E Kandouw Lantik Pejabat Fungsional di Aula Mapalus

Manado, Sulutlink.com – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O E Kandouw melantik Pejabat Fungsional Tertentu …