web analytics

Pelebaran Jalan Menuju Terminal Liwas Segerah Action

images(2)Sulutlink, Manado.  Pelebaran jalan menuju terminal induk Liwas di Kecamatan Paal – 2 Kota Manado segerah dikerjakan dengan sumber Dana Alokasi Khusus.

Diketahui fasilitas pembangunan Terminal Induk Liwas di Kota Manado telah selesai dibangun namun hingga saat ini belum dioperasikan, penyebab utama karena akses jalan menuju terminal tersebut masih belum layak.

Kondisi jalan tampak sempit sehingga sulit dilewati kendaraan ukuran besar apalagi jika saling berpaspasan antara Dua kendaraan, ditambah lagi banyaknya lobang dan genangan air hingga timbunan material pasir sisa-sisa dari penggalian disekitar lokasi terminal.

Petter K.B. Assa, ST. M.Si, Phd. Kepala Dinas PU Kota Manado melalui Denny Raintung Kabid Bina Marga membenarkan jika saat ini Pemerintah Kota Manado melalui Dinas PU telah menganggarkan pelebaran Jalan Lengkong Waya sebagai akses ke Terminal Induk Liwas sebesar Rp. 20 Miliar bersumber dari DAK.

Proses pembebasan lahan diakuinya sedang beproses yang melibatkan BPN dan Tiem Aptaisal dengan lebar 12 Meter .  Total Anggaran yang tersedia Rp. 13 Miliar untuk pembebasan lahan termasuk akses jalan di 3 lokasi secara terpisah seperti Jl. Lengkong Waya,  Jl.  Akses ke Ring Rod di Bumi Nyiur dan Malalayang, jelas Denny.

Tahap awal yang akan dilebarkan dimulai titik nol dari depan kompleks perumahan Marko Duta samping Ex. Pacuan Kuda Ranomout ke arah Terminal hingga depan kolam di Liwas. Untuk akses dari arah Kairagi samping Bosowa akan dikerjakan Tahun 2018 mendatang dengan lebar jalan 15 Meter. Karena akses jalan ini  dari Jalan Nasional ke Terminal Liwas sekaligus rencana kedepan jalur ini akan melintas Jalan Tol dalm Kota Manado sehingga perlu dilebarkan hingga 15 Meter.

Diharapkan kerja sama warga Kota Manado utamanya yang terkena jalur pelebaran jalan sehingga sebahagian tanah mereka harus dibebaskan untuk jalan.  Jika semua berjalan lancar maka Terminal Liwas daharapkan boleh beroperasi segerah dalam memperlancar mobilisasi orang dan barang baik antar kota di Sulawesi Utara dan Antar Propinsi. (Jansen)

About Redaksi 2

Check Also

WALUKOUW: RASIONALISASI ANGGARAN DI APBD 2023, YANG DIPANGKAS BIAYA “MA-MI” SAJA

Sulutlink.com – Rapat pembahasan APBD 2023 dipimpin langsung Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen,SpB KBD …