web analytics

Pembinaan Buat Rombongan Santa Claus

santa-clausManado – Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Manado Kompol Roy Tambayong mengamankan beberapa iring-iringan Santa Claus, Sabtu (10/12) sekitar 18.00 Wita. Hal tersebut berkaitan dengan statement Kapolresta Manado Kombes Pol Hisar Siallagan, S.I.K tentang Larangan Rombongan Santa Claus untuk melakukan pawai di Jalan Raya kepada sejumlah Media beberapa hari yang lalu.

“Ternyata dari beberapa iring-iringan Santa Claus yang diamankan bukan jemaat yang berada di daerah tersebut, hanya karena melihat petugas mereka mencoba menghindar namun disitu jalan buntu lalu kita amankan mereka ke Mapolresta Manado,” Ungkap Kasat Lantas.

Sebelumnya sudah ada himbauan dari pihak berwajib dengan adanya iring-iringan tersebut. Dimana sudah ada komitmen bersama bahwa sudah konsekuen evaluasi di Manado bahkan di Sulut angka kemacetan bahkan kecelakaan cukup tinggi disebabkan karena kegiatan-kegiatan serupa.

“Biasanya kegiatan tersebut sudah disertai dengan minum-minuman keras, kemudian iring-iringan terlalu panjang. Kemudian di jalan sudah arogan sampai ada kaca mobil di tepuk hingga kaca spionnya pecah dan jatuh,” Jelas kasat Lantas.

Untuk meminimalisir pelanggaran kemacetan dan pelanggaran lalu lintas, Kota Manado bahkan menyeluruh di Sulut dihimbau untuk pelaksanaan Santa Claus dilaksanakan secara stasioner.

“Artinya pelaksanaannya ditempat tempat tertentu seperti di Gereja, Sekolah, kantor Kelurahan, kantor Balai Desa dan lain sebagainya, sehingga disaat melakukan itu, kita undang anak anak yang akan diberikan hadiah,” tambahnya.

Untuk sanksi yang diberikan, kami tertibkan dengan cara menilang kendaraan yang digunakan karena kendaraan tersebut tidak diperuntukan untuk memuat orang, “inikan kendaraan terbuka, kemudian iring-iringan yang mengganggu ketertiban umum, tapi kami bijaksanai hanya menilang saja, dengan pelanggaran saja dimana kendaraan tidak sesuai dengan yang diperuntukan,” Tutup kasat Lantas.

Untuk Rombongan Santa Claus yang ditertibkan, oleh Kasat Lantas diberi pembinaan di Mapolresta Manado dan diajak untuk menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

About Redaksi 2

Check Also

Wagub Steven O E Kandouw Lantik Pejabat Fungsional di Aula Mapalus

Manado, Sulutlink.com – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O E Kandouw melantik Pejabat Fungsional Tertentu …