web analytics

Pemda Bolmut Gelar Upacara HUT PGRI Ke 71 dan HGN 2016

bolmut-bupatiBolangitang Timur (28/11) Pemda Bolmut menggelar Upacara dalam rangka memperingati HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang Ke 71 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2016 yang bertempat di Lapangan Olahraga Bohabak I.

Upacara peringatan dengan tema “Membangkitkan kesadaran kolektif Guru dalam meningkatkan mutu Pendidikan” ini dipimpin langsung oleh Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh. Turut hadir Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Asripan Nani, Wakil Ketua DPRD Bolmut Arman Lumoto, S.Ag, M.Pd.I, Unsur Forkopimda, para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD, Para Camat dan para Tokoh Pendidikan serta diikuti oleh seluruh jajaran Guru se Kabupaten Bolmut dan siswa-siswi.

Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang dibacakan oleh Bupati Bolmut menyampaikan bahwa Guru memiliki peran yang amat mulia dan strategis. Berbanggalah menjadi seorang Guru. Sebab di tangan para Guru, Pamong, dan Tenaga Kependidikan, masa depan bangsa kita menjadi taruhan. Tidak ada sosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang Guru. Kita bisa berdiri tegak saat ini juga karena pernah ditempa oleh para Guru.

Lebih lanjut dikatakan Pemerintah selama ini telah mengupayakan banyak hal agar para Guru semakin profesional. Namun upaya itu akan sia-sia belaka tanpa keinginan keras dari pihak Guru itu sendiri. Pemerintah juga telah bertekad meningkatkan kesejahteraan Guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi Guru yang sudah bersertifikat pendidik. Saya berharap hal ini berimplikasi nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja Guru, dibuktikan dengan peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa.

Beberapa kebijakan strategis untuk membentuk Guru yang profesional, sejahtera, bermartabat dan terlindungi sedang dan akan terus dilakukan oleh pemerintah di semua tingkatan. Peningkatan profesionalisme Guru menjadi salah satu dari lima agenda utama pembangunan pendidikan nasional.

Usai pelaksanaan Upacara, Bupati Bolmut menyerahkan penghargaan kepada Guru berprestasi pada Kejuaraan Olimpiade Guru Nasional Tingkat Kabupaten Bolmut Tahun 2016 serta bantuan media pendidikan untuk Sekolah. Kegiatan dilanjutkan dengan ramah tama yang dipusatkan di SMP Negeri 1 Bolangitang Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bolmut menyampaikan selamat HUT PGRI ke 71 dan HGN Tahun 2016, ini merupakan hari yang bersejarah lebih khusus para Guru dalam mengabdikan diri untuk pendidikan. Hari ini juga merupakan momentum refleksi dalam upaya peningkatan mutu Pendidikan.

Bupati kembali mengingatkan tentang pelaksanaan laboratorium religi yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu, dihimbau dukungan dari pihak sekolah dan jajaran Guru untuk menjalankan serta menerapkannya, agar para siswa siswi dibekali dengan pengetahuan tentang Agama yang dapat mencegah hal-hal negatif di kalangan peserta didik.

Terima kasih juga disampaikan kepada Guru-Guru yang telah mendidik dan membina generasi penerus serta selamat berjuang untuk melaksanakan tugas mulia dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa.

About Redaksi 2

Check Also

KETUA DEWAN FAS, SOSBANG DI TANAH PORODISA SITARO TAHUNA TALAUD

  Tanah Porodisa, Sulutlink.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulut dr. Fransiscus …