web analytics

PEMERINTAH FASILITASI PRODUK IKM DI PAMERAN NASIONAL-INTERNASIONAL

Manado, Sulutlink.com – Pemerintah Sulawesi Utara (Sulut) akan memfasilitasi produk Industri kecil menengah (IKM) dalam setiap pameran baik berskala nasional maupun internasional di tahun 2020.

“Tahun 2020 akan ada berbagai pameran baik ditingkat nasional maupun internasional, dan kami akan berupaya untuk membawa semua produk unggulan Sulut untuk dipromosikan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulut Edwin Kindangen di Manado, Rabu.

Edwin mengatakan seperti tahun lalu, pihaknya telah mempromosikan berbagai produk IKM Sulut baik pangan, kriya maupun kerajinan lainnya di berbagai pameran.

Dia mengatakan pihaknya membutuhkan IKM yang membawa makanan khas Minahasa seperti olahan pangan yang berkualitas tinggi.

Hal ini, katanya, sesuai dengan program Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pengembangan dan peningkatan daya saing Industri Kecil Menengah (IKM) di Tanah Air.

Salah satunya adalah dengan memfasilitasi promosi IKM dari berbagai daerah melalui kegiatan pameran untuk memperkenalkan produk-produk andalan.

Dia mengatakan kegiatan pameran sebagai upaya mempromosikan produk IKM juga bisa dilakukan secara online. Dengan diperkuat database sektor IKM yang akurat, promosi IKM secara online dapat menekan biaya yang dikeluarkan dalam pameran secara fisik.

Selain itu, untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi IKM serta meningkatkan daya saingnya, pemerintah merangkul para pelaku startup atau usaha rintisan di bidang teknologi dalam kompetisi Startup 4 Industri.

Selama ini, penerapan Industri 4.0 di IKM terkesan perlu modal besar. Namun dengan melibatkan usaha rintisan, permasalahan-permasalahan yang detail di IKM dapat dipecahkan.

Lebih lanjut, melalui kompetisi tersebut, diharapkan dapat terjaring startup dengan produk yang dibutuhkan IKM serta mempermudah para pemodal menemukan usaha rintisan yang tepat untuk menanamkan investasi mereka.

(ANT/Ryn)

About Redaksi 2

Check Also

Personel Polres Talaud Beserta Jajaran Amankan Jalannya Kegiatan Gerbangdutas yang Dihadiri Langsung Menko Polhukam Mahfud MD

Talaud, Sulutlink.com – Personel Polres Kepulauan Talaud dan jajaran mengamankan jalannya kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu …