web analytics

Pemkab Bolmong Akan Bangun Pelabuhan Ikan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), terus berupaya meningkatkan sektor kelautan dan perikanan. Untuk mendongkrak program tersebut, Pemkab merencanakan membangun pelabuhan Ikan di Desa Sauk, Kecamatan Lolak.

“Pemerintah akan upayakan untuk penambahan pelabuhan ikan,” ujar Wakil Bupati Bolmong, Yanny Ronny Tuuk STh MM.

pelabuhan-ikan-310wncaveb28hd6cs4w74aMenurut wabup, nantinya pihak Pemkab melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) akan berupaya melobi anggaran pembangunan tersebut.

“Rencana ini telah kami gagas dan terus dilakukan pengkajian, baik dari aspek hukum, sisi potensi dan faktor pendukung lainnya,” terang Ketua DPC PDIP Bolmong ini.

Dia menambahkan, selain infrastruktur tersebut, pemerintah juga akan menambah peralatan perikanan seperti perahu nelayan, alat tangkap dan membangun tempat pengembangbiakan ikan.

“Kita terus menggenjot sektor kelautan sebab umumnya warga di Bolmong berprofesi sebagai nelayan,” tambahnya.

Kepala DKP Bolmong, Ir Wayan Gede menuturkan, jika rencana tersebut terwujud maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Bolmong akan mengalami peningkatan yang signifikan.

“Kalau di Labuan Uki itu pelabuhan umum, untuk itu Pemkab berencana akan membangun pelabuhan perikanan. Kami di Labuan Uki hanya mengelola retribusi kendaraan yang memuat ikan dari pelabuhan dibawa keluar, sifatnya kita hanya numpang. Selebihnya kewenangan pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub),”  jelasnya.

 

Sumber : Totabuan News

About Echel

Check Also

Vonny Paat Pimpin Rapat Pansus Ranperda Pendidikan DPRD Sulut, Liputo: Kaji Lagi Kebijakan Sumbangan Sukarela Sekolah

  Januari 23.2023.admin: karel tangka Sulutlink.com – Rapat Panitia Khusus (pansus) yang dipimpin Ketua panitia …