web analytics

Pemkab Minahasa Gelar Musrembang RKPD Kabupaten Minahasa 2020 Via Vidcon

Suasana Musrembang Via Video Confrence

Minahasa-Sulutlink.com-Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar Musrembang  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Via Vidcon Kamis (09/04)  di Tondano.

Bupati Minahasa melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits R Muntu  S.Sos mengawali sambutannya  menyampaikan Pujian dan Syukur kepada Sang pemberi Berkat, Tuhan Yang Maha Kuasa  yang selalu melindungi Kita sehingga boleh menggelar Musrembang RKPD Kabupaten Minahasa tahun 2021 walaupun hanya melalui Video Confrence (Vidcon).

Di tengan keprihatinan kita dalam menghadapi virus Corona/Covid-19 yang oleh Who Ditetapkan sebagai pandemi global, Musrenbang RKPD Kabupaten Minahasa Tetap Harus Dilaksanakan Sesuai Surat Menteri dalam negeri nomor 440/2552/SJ Tanggal 23 Maret 2020 Tentang Pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota, Guna Menjamin Kesinambungan Pembangunan Di Kabupaten Minahasa.

Pelaksanaan Musrembang kali ini kita lakukan melalui Video Converence Dengan Memanfaatkan Teknologi informasi yang ada. Hal ini dilakukan guna menjamin keterpaduan antara aspek top down, politis, teknokratis dan Bottom Up, yang sudah diamankan dalam sistim perencanaan pembangunan nasional kita.

Keberhasilan pembangunan sangat ditentukan oleh perencanaan. Saat ini kita sedang menyusun perencanaan, yaitu rencana kerja pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 yang merupakan tahun ketiga dalam RPJMD periode 2018-2023. Penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Minahasa merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan sesuai amanat Permendagri 86 tahun 2017, dalam rangka mengakomodir aspirasi masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif, transparan dan akuntabel.

“Kami bersama jajaran organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Minahasa bersama DPRD sampai saat ini tetap konsisten untuk meningkatkan pelayanan di semua sektor dalam rangka mewujudkan Minahasa Maju Dalam Ekonomi Dan Budaya Berdaulat, Adil Dan Sejahtera Sebagai visi kabupaten Minahasa Tahun 2018-2023 yang menjadi cita-cita kita,” Jelas Muntu

“Saya sangat berharap DPRD yang adalah Mitra pemerintah sebagai penampung aspirasi masyarakat, akan turut mengawal hasil musrenbang ini hingga penentuan usulan kegiatan yang akan dibiayai dalam APBD Kabupaten Minahasa Tahun 2021, Sehingga konsistensi perencanaan dan penganggaran yang saya sebutkan tadi dapat,” ujarnya

Berkenan dengan itu, dalam penyusunan rencana program hendaknya kita berpikir realistis sehingga hasilnya dapat diarahkan untuk memacu pemerataan pembangunan, serta meningkatkan pendayagunaan potensi daerah secara optimal dan terpadu, dinamis, sekaligus memadukan pertumbuhan dengan pembagian hasil-hasil pembangunan secara merata.

Dengan berbagai kendala yang kita temui akan menjadi masukan yang sangat berarti dalam mencapai keberhasilan.
“Oleh karna itu, saya patut menyampaikan apresiasi kepada saudara-saudara yang dengan sungguh-sungguh mengikuti serta memberikan masukan pada setiap tahapan perencanaan mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten minahasa dalam forum konsultasi publik, forum perangkat daerah sampai pada forum musrenbang saat ini, sebagai upaya mencari pemecahan yang lebih sistematis, terarah, terukur dan terbaik dalam penyusunan agenda pembangunan tahunan demi “ Terwujudnya Indonesia Maju Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong” sesuai misi tencana pembangunan jangka menengah nasional tahun 2020-2024.”tutupnya

Turut Hadir dalam Musrembang ini, Kepala Bapelitbangda, Asisten 2, dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa. (Qla)

About Prokla

Check Also

Bupati Minahasa Royke Roring Menerima Penghargaan Dari BPJS Ketenagakerjaan

Sulutlink – Bupati Minahasa, Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Dr (HC) …