web analytics

Pemkab Minahasa Raih Predikat Penyelenggaraan Pemerintahan Terbaik di Sulut

Jakarta,Sulutlink.com–Pemerintah Kabupaten Minahasa kembali meraih prestasi tingkat nasional dengan dianugrahi predikat daerah terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), atas hal itu Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh DEA jadi satu-satunya kepala daerah di Sulut yang mendampingi Gubernur Olly Dondokambey SE untuk menghadiri acara malam apresiasi kinerja pemerintah daerah yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (25/4) dalam rangka peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-22 tahun.

Kegiatan yang sekaligus menjadi acara puncak dalam peringatan Hari OTDA tahun ini dibuka oleh Mendagri Tjahjo Kumolo serta turut dihadiri Dirjen Otda DR Soni Sumarsono, MDM, para kepala BPKP, jajaran Pejabat Esselon I dan II di Lingkungan Kemendagri serta para Gubernur dan Bupati/Walikota di daerah yang mendapat penilaian terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Pada kesempatan itu, Mendagri dalam sambutannya antara lain memaparkan banyak hal khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan di tiap daerah. “Perlu rekam jejak dalam otonomi daerah kedepan sehingga penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis mampu mendukung Program Nawa Cita,” tutur Mendagri.

Mendagri menegaskan bahwa seluruh elemen bangsa juga dimotivasi untuk bekerja keras dan bekerja cerdas demi mewujudkan cita-cita menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara maju di dunia. “Penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis artinya bukan hanya mengharuskan daerah-daerah menjalankan kewenangan otonomi daerah berlandaskan aturan perundang-undangan yang berlaku, tetapi juga harus menjadikan transparansi dan partisipasi publik sebagai dasar dan tolak ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan, sehingga apapum kebijakan itu dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat,” kata Mendagri.

Sementara Penjabat Bupati Mewoh yang hadir bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE mengungkapkan prestasi dan apresiasi ini harus menjadi motivasi bagi semua aparatur daerah untuk lebih meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Minahasa kedepan.

“Ini adalah kebanggaan kita bersama baik pemerintah maupun masyarakat. Untuk itu bagi seluruh jajaran Pemkab Minahasa diharapkan akan semakin memacu kinerja demi memberikan yang terbaik bagi daerah yang kita cintai bersama ini,” ungkapnya.

Adapun acara peringatan Hari OTDA ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Kemendagri. Dimana bagi Provinsi dan Kabupaten Kota yang dinilai terbaik dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) menerima penghargaan dari pemerintah pusat.(Nando)

About Nando

Check Also

Masyarakat Kelurahan Winenet Dua Aertembaga Kota Bitung Hadiri Sosper Anggota DPRD Sulut Johny Panambunan

Bitung, sulutlink.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Johny Panambunan …