web analytics

Pemkot-Dekot Tomohon Sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok

Wakil Ketua Dekot Tomohon Carol Senduk.SH saat menyampaikan sambutan

 

Tomohon, sulutlink.com – Wakil ketua DPRD Tomohon Carol Senduk SH, bersama Dinas Kesehatan Kota Tomohon melaksanakan Sosialisasi Perda No 11 Tahun 2016 Tentang Kawasan Tanpa Rokok di dua kelurahan masing masing Kelurahan Kakaskasen Satu dan Kakaskasen Dua bertempat diaula Radio Kabar Baik, Kakaskasen Dua Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon, Kamis (31/01/2019).

Senduk saat membuka kegiatan tersebut menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah maju yang dilakukan pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon. Pasalnya, dengan diterapkannya Perda tersebut, masyarakat yang perokok yang berada di Kelurahan Kakaskasen Satu dan Dua sudah bisa memahami akan tujuan dari sosialisasi ini, guna menciptakan kawasan bebas asap rokok.

Lebih jauh dikatakan Senduk, Perda No 11 tahun 2016 selain mengatur kawasan tanpa asap rokok, juga memberikan rasa aman bagi para warga yang tidak merokok. Karena secara individu warga yang tidak merokok punya hak untuk tidak menghirup asap dari para perokok.

” Namun dibalik itu juga dalam penerapan Perda ini tidak mengurangi hak-hak para masyarakat penikmat rokok yang ada di Kota Tomohon. Artinya Pemkot akan mengatur tempat-tempat mana yang bisa dijadikan lokasi untuk merokok,” ujarnya Senduk.

Sementara itu, Kabid P3SL Dinas Kesehatan Kota Tomohon Marten Manua menjelaskan, maksud dibuatnya Perda No 11 Tahun 2016, Tentang Kwasan Tanpa Rokok, bertujuan untuk menjamin kesehatan bagi para warga perokok yang ada di Kota Tomohon. Dalam rokok tersebut ada banyak hal yang dapat menggaggu tubuh para perokok.

Sejumlah warga yang ditemui terpisah mendukung upaya Pemkot Tomohon dalam mengatur lokasi bebas rokok.

“Kami sebagai warga sangat mendukung program Pemkot Tomohon, khususnya dalam mengatur lokasi bebas rokok,”ujar Steven Tombokan warga Kakaskasen Dua. (Sten’Ma)

About Redaksi SL

Check Also

Masyarakat Kelurahan Winenet Dua Aertembaga Kota Bitung Hadiri Sosper Anggota DPRD Sulut Johny Panambunan

Bitung, sulutlink.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Johny Panambunan …