web analytics

Pemkot Manado Akui Lahan Kali Mas Milik Pelindo

images(3)Sulutlink, Manado.  Pemerintah Kota Manado melalui Bagian Hukum mengakui lahan Kali Mas yang ada saat ini yang telah menjadi daratan milik Pelindo Cabang Manado.

Walau begiitu nyatanya yang menguasai dan memanfaatkan lahan tersebut adalah Pemerintah Kota Manado yang dibagi dalam beberapa fungs pemanfaataannya.

Sebagian besar lahan Kali Mas telah telah dibangun Kios untuk pedagang pasar sehingga retribusi dan hasil sewa lahan oleh pedagang masuk ke Kas PD. Pasar Manado,

Disisi bagian Barat dekat dengan pantai telah dibangun Dermaga Pariwisata dan kantor pengawas pelabuhaan, disisi lainnya beberapa bangunam kantor  yang dimanfaatkan oleh Dinas Pertanian Perikanan Kota Manado dan Unit Kantor Pelayanan Kesehatan Pelabuhan Wisata.

Dijelaskan  Budi Paskah Yanti Putri, SH, MH. Kabag Hukum Pemkot Manado,  bahwa , antara Pemerintah Kota Manado dan Pelindo. Manado telah bertemu dan membahas bersama-sama tentang status lahan Kali Mas di kompleks pelabuhan Manado.

Pemkot akui lahan itu masuk wilayah penguasaan Pelindo Cabang Manado,  namun menurut ceritra bahwa saat dilakukan reklamasi  area Kali Mas oleh Pemerintah Kota Manado  beberapa tahun lalu,  telah mendapat surat persetujuan dari pihak Pelindo.  Persoalanmya sekarang surat tersebut belum diketemukan. hingga sekarang sehingga sulit membuktikan penyerahan dari Pelindo kepada Pemkot Manado.

Karena lokasi ini secara administrasi ada di buku catatan asset Pelindo dan telah menjadi temuan pemeriksaan BPK, sementara secara defacto penguasaannya oleh Pemkot Manado.

Sebagai jalan keluar, telah diusulkan dan masih dalam pembahasan pada 2 Tahun terakhir ini akan dilakukan dalam bentuk MOU kerja sama operasional antara Pelindo dan Pemkot Manado,. Menurut Yanti Putri,  MOU tersebut tinggal menunggu ditanda – tangani antara Walikota dan Direktur Utama Pelindo di Makasar.(jansen)

About Redaksi 2

Check Also

Rekomendasi Denpasar 2021: Bersama Pewarna Terus Merevitalisasi Nilai Nilai Luhur Bangsa Menyongsong Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh

  DENPASAR Sulutlink.com| – Rapat Kerja Nasional (rakernas) Pewarna Indonesia, Jumat (26/11/2021) Sukses membahas Evaluasi …