web analytics

Pemkot Manado Bekali Linmas

kesbang-manadoPengalaman menghadapi bencana banjir bandang tahun 2014 lalu, membuat Pemkot Manado berbenah. Tidak saja membenahi berbagai infrastruktur tetapi mempersiapkan berbagai komponen masyarakat untuk bermitra dengan pemerintah dalam mengantisipasi potensi terjadinya bencana, di antaranya Satuan Perlindungan Masyarakat, atau LinMas.

Niat baik Pemerintah Kota Manado di bawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Manado, GS Vicky Lumentut dan Mor Dominus Bastiaan ini tampak dalam kegiatan yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat dengan topik Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana serta Pemantauan Kejadian Bencana bagi Satuan LinMas se Kota Manado. Kegiatan yang digelar Rabu, 14/09/2016 ini dilaksanakan di Hotel Sahid Teling Manado, dan diresmikan oleh Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan.

Dalam sambutannya, Wawali Bastiaan memaparkan bahwa personeil LinMas harus siap dan berjaga, serta trampil menghadapi bencana.

“Digelarnya kegiatan ini bertujuan agar setiap personil LinMas tetap memelihara kesiapan, kesadaran, keterampilan, dan kesadaran potensi pemantauan dan mitigasi bencana, terlebih bencana alam. Ini penting karena Satuan LinMas berperan penting sebagai mata, telinga, dalam pemantauan bencana, serta sebagai tangan pemerintah dalam mitigasi bencana, termasuk menjangkau korban di detik awal kejadian.” Ujar Wawali Bastiaan.

Menurut Wawali, sosialisasi ini juga merupakan upaya mengoptimalkan antisipasi penanggulangan bencana terutama di daerah rawan bencana . ‘Kunci keberhasilan ada pada kesiapan dan informasi, tepatnya seberapa cepat dan tanggap kita dalam mengolah potensi terjadinya bencana serta profesionalisme unit kerja terkait seperti Satuan LinMas. Semua dimulai dari mindset, harus menentukan jenis dan prosedur analisis dan tindakan. Membuat kita mampu mendeteksi perubahan terkecil sekalipun potensi bencana kemudian dapat mengantisipasinya . Saya berharap peserta mencerna pengetahuan yang didapat melalui kegiatan ini.

Satuan LinMas merupakan mata rantai penting. Seluruh kegiatan pencegahan, mitigasi, dan penanganan darurat bencana tidak akan berjalan sempurna bila LinMas tidak berada dalam kesatuan,’ ujar Wawali Bastian, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Manado yang sukses mengantar GS Vicky Lumentut memenangkan Pilkada 2010 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Wawali mengingatkan, ada bencana yg sifatnya alami dan ada yg disebabkan manusia. Alam memiliki mekanismenya sendiri dalam menjaga keseimbangan. Itulah hukum alam. Tetapi seringkali bencana terjadi karena ulah manusia. Kadang ada saja masyarakat yang tidak peduli dengan lingkungan. ‘Sementara giat-giatnya kita mengajak untuk meningkatkan kebersihan, tetapi Masih saja ada yang membuang sampah di saluran air. Sehinhga jangankan banjir, hujan aedikit saja,banyak kenangan air di Manado. Inilah yang harus kita antisipasi hingga tidak terjadi di Manado . Saya minta ikut disosialisasikan ke masyarakat agar bisa berperan aktif dalam peningkatan kebersihan,’ ujar mantan Wakil Ketua DPRD ini menambahkan. Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Badan Kesbang Pol dan LinMas, Drs. Hanny Solangs dan jajarannya serta Kadis Sosial, Drs. Frans Mawitjere, dan undangan lainnya. (humas02/foto: eko saputera)

About Redaksi Sulutlink

Check Also

MINSEL BERDUKA, FDW : SELAMAT JALAN PAK BUDI TUJUWALE

Minahasa Selatan,Sukutlink.com GORESAN tinta “Yang Putus dan Yang Terhempas” jadi simbol istimewa, bahwa manusia bisa …