web analytics

Pemkot Miliki 9 Ribu Judul Buku di Perpustakaan Elektronik

Manado,sulutlink.com- Di era digital  ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kota Manado untuk mengembangkan perpustakaan daerahnya. Menurut Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, perpustakaan online bisa menyesuaikan perkembangan zaman now.

“Pemkot Manadokan sudah launching e-library. Dan ada sekitar 9 ribuan judul buku yang bisa dibaca secara digital yang ada di perpustakaan daerah yang berbasis komputer. Dan semua bisa baca di situ sebab tidak semua manual,” ucapnya Rabu (18/04/2018)

Lebih jauh katanya,  Pemerintah Kota juga akan memberlakukan perpustakaan keliling mulai pekan depan. Sebab ini nantinya akan mempermudahkan masyarakat menjangkau perpustakaan daerah Manado yang berada di Gedung Youth Center tepatnya di kawasan Megamas.

“Kebutuhan payung hukum untuk penyelenggaraan perpustakaan mendesak bagi pemerintah kota. Dan inipun untuk pengelolaan perpustakaan  yang profesional dan akuntabel karena bisa mewujudkan masyarakat cerdas dan berdaya saing.” pungkas Lumentut.

Sememtara iti Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Drs Refli Mamusung membenarkan,  bagi pelajar atau siapa saja yang berminat untuk membaca buku bisa mengetahui informasi soal ada tidak buku yang ia cari. Dan buku-buku juga sudah diberi barcode.

“Barcode yang menginformasikan informasi tentang buku, mulai dari judul sampai informasi lain. Modul keanggotaaan juga sudah ada dan koleksi dapat dilihat secara on line. ” tegasnya.  Sembari menambahkan dengan itu, ia memperkirakan minat baca di Kota Manado bisa meningkat sebab pengguna sistem bisa memiliki akses yang lebih cepat untuk mendapatkan buku tersebut.

” Mari kita galakan gemar membaca untuk lebih mencerdaskan anak bangsa,” pungkasnya.  (Onal Gampu)

About Redaksi

Check Also

Personel Polres Talaud Beserta Jajaran Amankan Jalannya Kegiatan Gerbangdutas yang Dihadiri Langsung Menko Polhukam Mahfud MD

Talaud, Sulutlink.com – Personel Polres Kepulauan Talaud dan jajaran mengamankan jalannya kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu …