web analytics

Pengalaman Mendapatkan Vaksin Booster di Tebet

Oleh : Bert Toar Polii


Sulutlink.com
– Kontroversi tentang vaksin booster apakah berbayar atau gratis akhirnya tuntas setelah Presiden Jokowi mengumumkan vaksin booster diberikan secara gratis.
“Mulai 12 Januari 2022, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan, upaya ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang akan terus bermutasi. Oleh sebab itu, saya telah memutuskan pemberian vaksinasi ketiga ini gratis,” kata Jokowi dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (11/1/2022).

Dari sisi kesehatan, setidaknya terdapat 3 alasan penting pemberian vaksin booster.
Pertama, adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi terutama di tengah kemunculan varian-varian covid-19 baru termasuk varian Omicron.
Kedua, sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup dimasa pandemi COVID-19 demi kesehatan jangka panjang.
Dan ketiga, memenuhi hak setiap orang Indonesia utk mengakses vaksin demi perlindungan diri dan komunitas.

Sayangnya informasi tentang pemberian vaksin booster ini sepertinya menyebar tapi tidak terarah, belum lagi kesiapan puskesmas sebagai garda terdepan ini belum sepenuhnya tertata dengan rapih.
Untuk kepentingan ini, penulis ingin membagikan pengalaman mendapatkan vaksin booster pada hari ini di Gedung Sasana Square Tebet Barat.
Semalam penulis coba mencari informasi tentang vaksin booster di daerah saya tinggal Kecamatan Tebet.
Kebetulan penulis punya WA dr. Ajeng dari Puskesmas Kecamatan Tebet yang dari awal saat vaksin dosis pertama dan kedua sangat membantu dengan berbagai informasi penting tentang vaksinasi covid-19.
Dari dr. Ajeng penulis mendapat informasi bahwa untuk yang dekat rumah saya ada di Gedung Sasana Square Tebet Barat yang hanya berjarak sekitar 800 meter dari rumah.
Rupanya tempat vaksin booster tidak di puskesmas tapi di beberapa lokasi yang sudah ditentukan lengkap dengan tanggal dan jamnya.
Di Kecamatan Tebet sendiri tersedia 3 lokasi. Ini sangat membantu sehingga warga tidak perlu mencari jauh-jauh.
Penulis sebelum pukul 08.00 sudah berjalan ke lokasi tempat vaksin booster dan kaget ketika tiba sudah ada pengantri lebih dari 50 orang.
Hampir saja kepingin pulang nanti lain waktu, namun keinginan untuk mengetahui apa yang bakal terjadi menahan penulis.
Petugas Kesehatan baru dating pukul 08.15 suatu kebiasaan yang patut diperbaiki karena pengumumannya 08.00 – 11.00.
Selanjutnya terjadi keributan ketika petugas dari kelurahan mengumumkan aturan karena yang jadi prioritas adalah lansia sedangkan yang antri bervariasi malah ada anak-anak.
Belum lagi pembagian nomor antrian pada berebut. Penulis yang ada dibelakang ikut juga meminta nomor dan ternyata masih dapat.
Kaget juga dapat antrian 95 padahal pengumumannya hanya dibatasi 50. Usut punya usut ternyata vaksin booster yang dijadwalkan tanggal 13 Januari batal sehingga hari ini dosisnya ganda 100.
Karena belum sarapan penulis balik dulu kerumah untuk sarapan sambal ngopi dan Kembali lagi sekitar pukul 10.00 dan ternyata tepat karena nomor antrian sudah mencapai 87.
Sekalian juga menyiapkan fotocopy KTP yang diwajibkan. Syarat lain adalah minimal sudah 6 bulan mendapatkan vaksin dosis kedua. Persyaratan lain 18 tahun keatas tapi diprioritaskan untuk lansia lebih dulu.
Biasanya untuk yang sudah lewat 6 bulan vaksin kedua akan mendapatkan tiket vaksin yang dapat dilihat di : https://www.pedulilindungi.id/
Selanjutnya setelah mendaftar masuk keruang tempat vaksinasi seperti biasa menunggu untuk di cek tekanan darah.
Ketika dipanggil cek tekanan darah, ditegur sama dokternya yang ternyata dr. Ajeng. Sudah lama berkomunikasi melalui WA akhirnya malah bertemu. Mungkin karena Namanya agak lain sehingga dia langsung ingat.
Seperti biasa tekanan darah tinggi mungkin karena sedikit tegang. Tapi setelah diukur ketiga kalinya dengan alat yang berbeda akhirnya lolos untuk di vaksin. Ini juga perlu diingat untuk yang tekanan darahnya tinggi, batas untuk bisa divaksin adalah dibawah 180.
Tidak butuh waktu lama akhirnya dipanggil untuk divaksin dan kemudian menunggu serifikat dan sekitar pukul 12.15 selesai tuntas. Saya yang dia vaksin awal Sinovac mendapat vaksin booster Pfizer dengan dosis setengah. Pemberian vaksin bervariasi sudah diatur oleh BPOM mengenai kombinasi yang dibolehkan.

Pulang kerumah masih jalan kaki dan sepertinya tidak ada gejala aneh yang muncul. Ayo segera datangi tempat vaksin booster bagi yang telah memenuhi syarat.

About Redaksi 2

Check Also

Zodiak Minahasa

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – Ternyata dotu-dotu Minahasa dari dulu selalu mengawasi dengan …

Leave a Reply