Pengembangan Wisata Tondano Perlu Dukungan Nyata Pemda

Danau Tondano (source: widya pinterest)

Sulutlink.com – Sebagai salah satu daerah destinasi wisata, Tondano , memiliki berbagai tempat dan budaya yang dapat dikembangkan, seperti wisata alam di dalamnya terdapat wisata alam , Danau Tondano, Uluna, pemandian air panas , wisata sejarah goa Jepang dll. Wisata religious ada Gereja tua di Tondano, Eris, ada Mesjid di Kampung Jawa,Sinagoga bahkan Pura dll , wisata seni dan budaya dan masih banyak lagi. Sayangnya ini belum tertangani dengan baik. Pandemi covid-19 membuka peluang karena setelah itu akan ada model kehidupan baru. Ini memberi dampak pada pilihan untuk wisata.
Pilihan wisata di dalam negeri akan menjadi pilihan kedepan sehingga objek wisata alam yang menarik akan laku keras apalagi akan mendapat limpahan turis dari destinasi parawisata prioritas Likupang.
Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Pemda, yaitu :

  1. Bagaimana meningkatan pendapatan masyarakat melalui kepariwisataan.
  2. Pengembangan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber penerimaan pendapatan daerah meliputi : perencanaan berlanjutnya pembangunan Benteng Moraya yang akan dijadikan tempat wisata budaya kuliner, pembangunan jembatan 300 meter di Danau Tondano, dan juga pengembangan wisata di puncak Urongo. Perencanaan selanjutnya meliputi area pantai di bagian Timur Kabupaten Minahasa yang juga telah di senangi oleh masyarakat.
  3. Peningkatan kemampuan anggota masyarakat untuk dapat memperoleh manfaat yang besar bagi kegiatan pariwisata.
  4. Terwujudnya masyarakat sadar wisata melalui sapta pesona, sehingga tercipta suasana yang mendukung dan menunjang semakin berkembangnya usaha dan kegiatan kepariwisataan. lainnya seperti tarian daerah Kabupaten Minahasa seperti diantaranya tarian Maengket, Cakalele Kabasaran, Katrili, Kumandong, Lengso.
    Ada 3 faktor yang akan berperan dalam pengembangan ini : pertama Sumber Daya Manusia, kedua promosi dan ketiga sarana dan prasarana.

Oleh : Bert Toar Polii

You must be logged in to post a comment Login