web analytics

Pengurus Perkumpulan Alumni SMANTO 170.1-Tondano Dikukuhkan di Hotel Borobudur & Perayaan Nataru

Oleh : Bert Toar Polii

Sulutlink.com – Alumni SMANTO 170.1 atau sekarang SMA Negeri 1 Tondano di Jakarta mengadakan Pengukuhan Pengurus Alumni SMANTO 170.1, Pengurus “Yayasan Mapalus SMANTO 170.1- Tondano” dan Pengurus Koperasi “Maka Tana Toudano Minahasa” sekaligus Perayaan Nataru (Natal dan Tahun Baru) di Singosari Room, Hotel Borobudur Jakarta Pusat pada hari Jumat, tanggal 21 Januari 2022, jam 17.00 WIB sampai selesai.
Pembentukan alumni ini diawali pertemuan para pendiri alumni ini yaitu , Irjen Pol (Pur) Drs. Harry Montolalu, Dicky R Wagey B.SC (alm), Brigjen Pol (Pur) Edward Pakasi, Lexy J A Mailangkay, Ferry R Karwur dan Bert Toar Polii pada tahun 2018. Selanjutnya pada tahun 2019 diadakan reuni pertama di rumah salah satu Alumni 1976 Joice Rumbayan di Bekasi. Pada pertemuan itu Bpk. Irjen Pol (Pur) Carlo Brix Tewu didaulat untuk menjadi Ketua Umum dan ia bersedia.
Walaupun belum dikukuhkan tapi Alumni Smanto 170.1-Tondano telah mengadakan berbagai kegiatan, antara lain :
1. Sebagai sumbangsih Alumni SMANTO 170.1 pada tahun 2020 sudah bekerjasama dengan Pemda Minahasa yang menanam 3.000 pohon Tabebuya sebagai penghijauan dan perindangan di hampir semua jalan2 di kota Tondano. Dan menyerahkan 7 unit motor sampah kepada Pemda Minahasa yang dibagikan ke 7 pemenang Lomba Kebersihan antar kelurahan di Tondano. Dengan tujuan agar dapat memudahkan petugas kebersihan memindahkan sampah sampah di lingkungan nya ke tempat sampah yg lebih besar sekaligus menjaga agar lingkungan sekitar tetap bersih.
2. Pada perpisahan tahun 2019/2020 pernah sukses menghibur ribuan warga Tondano di lapangan Dr. Sam Ratulangi Tondano dalam acara “Maréng um Wanua”. Termasuk pemberian donasi kepada guru-guru SMA 1 Tondano (purna tugas), ke Panti Asuhan, Panti Werda, Taman Pengajian Al Quran, melakukan donor darah dan bedah buku.
3. Menyumbang Alkes untuk Rumah Sakit Sam Ratulangi Tondano dalam menangani pandemic covid-19.
4. Menyelenggarakan acara Lomba Pidato Bahasa daerah Toudano di Tondano tahun 2021 bekerja sama dengan Humas Polres Minahasa.
Sebenarnya acara pengukuhan sudah lama direncanakan tapi berhubung pandemi covid-19 sehingga baru terlaksana pada Jumat 21/1/2022.
Pada perhelatan ini dihadiri oleh pendiri-pendiri, Ketua Umum Bpk. Irjen Pol (Pur) Carlo Brix Tewu, Sekertaris Umum Suriati Masloman, Bendahara 1 Christina Paath serta para alumni se Jabodetabek, Manado, Tondano dan dari daerah lain. Hadir juga , beberapa Jenderal yg sudah pensiun, antara lain Irjen Pol (Pur) Drs. Harry Montolalu sebagai Pendiri, Brigjen Pol (Pur) Edward Pakasi sebagai Pendiri, Mayjen AD (Pur) George Supit beserta istri.
Dalam acara Pengukuhan serta Sumpah Jabatan diawali dengan menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya, Pengurus masa bakti 2022 – 2027, berdasarkan Akta Pendirian Nomor 834 tgl 17 Juni 2021 oleh Otty Chandra Ubayani SH, SPN, MH, Jakarta Selatan, wajib menjalankan apa yang sudah digariskan oleh para pendiri dibawah ini,
Pertama, Organisasi Alumni ini adalah berazaskan Panca Sila serta UUD 1945 yang merajut persatuan dan kesatuan sesama alumni sejak SMANTO 170.1 sampai SMA Negeri 1 Tondano saat ini dalam kontribusi memajukan tanah kelahiran, melestarikan budaya dan seni asli Minahasa dan tidak ikut dalam politik praktis serta sentimen SARA.
Kedua, Organisasi Alumni ini menjunjung tinggi persatuan sesama alumni dan masyarakat Indonedia pada umumnya, juga turut berpartisipasi dalam setiap upaya memajukan wilayah Tondano dan sekitarnya, serta menjadi pelopor dalam merajut dalam keberagaman, dan mengikut sertakan peran alumni dalam setiap upaya pelestarian seni dan budaya asli Minahasa demi kemajuan peradaban berbangsa dan bernegara.
Pengukuhan dilakukan oleh pendiri yang diwakili Irjen Pol (Pur) Drs. Harry Montolalu Angkatan 1970 yang sebelumnya diminta untuk menceriterakan sejarah berdirinya Alumni SMANTO 170.1 Diselingi Bahasa Tondano yang memang sangat dikuasainya, ia mulai menceriterakan dari awal dimulai pertemuan para pendiri di Restoran Beautika dilanjutkan dengan beberapa pertemuan lanjutan yang sudah mengundang lebih banyak alumni. Akhirnya ditetapkan pertemuan pertama di rumah salah seorang Alumni Joice Rumbayan pada 13 Oktober 2019. Disana Carlo B Tewu didaulat untuk menjadi Ketua dan ia menerimanya.
Ketua Umum Alumni Irjen Pol (Pur) Carlo B Tewu dalam sambutannya menghaturkan terima kasih banyak kepada para pendiri yang sudah mempercayakan untuk memimpin Alumni ini masa bakti 2022 – 2027, serta menjalankan tugas-tugas yang diembankan ke pundaknya. Dalam pesan beliau, ia mengharapkan agar perkumpulan ini dapat berbuat untuk Tondano dan juga Sekolah kita SMA Negeri 1 Tondano dan mewujudkan visi dan misi yang telah kita tentukan Bersama.
Alumni SMANTO 170.1 mempunyai Yayasan “Mapalus”, Ketua Andre JO Sumual, dengan Akta Nomor 35 tanggal 21 Mei 2021, oleh Notaris Ny. Rose Takarina SH, Jakarta. Wadah ini bertujuan untuk mengfasilitasi dan mengembangkan segala bentuk bantuan sosial maupun budaya di daerah.
Koperasi “Maka Tana Toudano Minahasa” di Kota Tondano, Ketua Dance Mailangkay, dengan Akta Pendirian Nomor 15 tanggal 17 Desember 2021, oleh Notaris Budiharto Prawira SH, Manado yang bertujuan antara lain hendak berkerja sama dengan Pemda dan pemilik sawah guna mengaktifkan kembali sawah-sawah di Tondano yang tidak produktif.
Ibadah Nataru dipimpin oleh Pdt. Rossiti Christina Kaloh, STh yang dalam renungan Natal ia menitikberatkan pada bagaimana kita secara ikhlas mengamalkam kasih persaudaraan yang tulus ikhlas dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga membagi tema Natal 2021 “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan” yang disepakati bersama PGI dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sangat penting untuk situasi ketika persaudaraan belakang ini mulai tercabik oleh kepentingan dan konstelasi politik.
Selanjutnya Bpk. Farry F Pelealu sebagai Ketua Panitia menutup acara ini dengan penuh rasa kekeluargaan serta makan malam bersama yang dihadiri kurang lebih 100 orang dengan memperhatikan dan menjalankan secara ketat Prokes Covid-19. Para tamu dan undangan sebelum memasuki ruangan harus melewati test Antigen di pintu masuk.
Acara ini ditonton melalui live streaming online Zoom: https://us02web.zoom.us/wc/3979531158/join?track_id=&jmf_code=&meeting_result=&tk=&cap=undefined&refTK=&rn=true&po=7&epk=BPjfGUvlFyElVnf-83AhAkwb0F_UsFBuGlvxSUIjJXsDdbTwMYE.xAqnieAcPjai3vPJ&wpk=wcpk2234265b71a81b7853973fecd96f440d dan Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=hKX2UqOoP_E oleh para alumni di seluruh Indonesia dan luar negeri yang tidak dapat hadir.

About Redaksi 2

Check Also

Mario Mambu/Cliff dari Raewaya Sulut Tetap Pimpin Seleknas Putra AG 2022

Mario Mambu/Cliff dari Raewaya Sulut terus memimpin Seleknas Putra AG 2022 yang sedang berlangsung di …