web analytics

Penipuan Berhadiah Mobil Marak di Tomohon, Ipda  Jack Kreysen  Ingatkan Warga Untuk Waspada

Penipuan Berhadiah Mobil Di TomohonDalam seminggu ini setidaknya dua orang warga Tomohon memberikan informasi kepada awak SulutLink mengenai undian berhadiah mobil yang dicurigai sebagai penipuan.  Kalau biasanya hanya melalui telephone atau sms dan melalui email ataupun media social seperti facebook, kali ini semakin berani dengan mendatangi langsung rumah warga. Hanya saja surat undian dan kupon yang diberikan tidak secara langsung, kemungkinan besar sengaja memilih rumah yang sedang tidak ada penghuninya dan pelaku meninggalkan surat undian dan kupon.

Kepada awak SulutLink, penjual durian di seputaran kompleks pertokoan Tomohon menunjukkan 2 macam surat yang berukuran kecil dan kupon. Pertama surat pemberitahuan atas nama PT Javaprima Abadi, kedua Surat Keterangan dari Polda Metro Jaya dan yang ketiga kupon pemenang dengan tulisan “Selamat Anda Mendapatkan 1 unit mobil Honda Jazz RS”. Ketiganya (surat dan kupon) terdapat tulisan “Asli” namun diyakini aspal (asli tapi palsu).

Mencurigakan dan tidak diyakini kebenarannya karena penerima surat pemberitahuan dan kupon pemenang ini mengaku tidak mengkonsumsi kopi luwak tetapi anehnya mendapatkan hadiah undian. Hal lain yang tidak meyakinkan tertulis adanya kode unik hologram namun tulisan di plastik tebal itu tidak terdapat hologram, hanya nomor kode unik nya saja yang tercetak.  Syarat no. 4 dan 5 yaitu penerima hadiah mobil harus membayar terlebih dahulu biaya administrasi yang ditransfer ke sejumlah bank.

jack kreysenKasubag Humas Polres Tomohon Ipda Jack Kreysen mengatakan kepada awak SulutLink supaya masyarakat waspada dengan berbagai motif penipuan. Sehubungan dengan undian yang konon dari Luwak White Coffee ini beliau mengatakan harusnya ada TR di Polda tapi selama ini tidak ada. “Berharap masyarakat jangan terpengaruh dan terpedaya dan kemudian merugikan masyarakat sendiri”, lanjutnya.

Ketika ditelusuri melalui internet, penipuan dengan gaya yang sama terjadi juga di daerah lain dan dengan format yang sama. Seperti yang akses awak SulutLink dari http://piaww.blogspot.co.id/2014/03/penipuan-mengatasnamakan-koffie-luwak.html yang diakses pada tanggal 18 Februari 2016.

About Echel

Check Also

PPKM Level Dua, Polres Minahasa Utara Laksanakan Operasi Yustisi di Malam Hari

Minahasa Utara, Sulutlink.com – Unit Turjawali Satuan Samapta Polres Minahasa Utara Polda Sulawesi Utara melaksanakan …