web analytics

Penjualan Arang Banyak Potongan, Warga Pengolah Arang Kecewa

IMG00701-20160203-1259Menjamurnya perusahaan pengolah arang tempurung menjadi sebuah peluang baru bagi warga masyarakat. Tidak sedikit warga yang kemudian beralih profesi dari petani menjadi pengolah arang tempurung. Tempurung yang biasanya hanya menjadi limbah, di bakar begitu saja karena berlebihan, kali ini arang tempurung bernilai ekonomis.

IMG00696-20160203-1258Selain Minahasa Selatan yang menjadi sentra tanaman kelapa, Minahasa Utara juga menjadi pilihan sehingga beberapa perusahaan pengolah arang tempurung berdiri di kabupaten Minahasa Utara dan juga Kota Bitung yang berbatasan langsung dengan Minahasa Utara.

IMG00703-20160203-1259Peluang usaha baru bagi warga ini ternyata tidak sepenuhnya memuaskan semua yang mencoba peruntungan di bidang arang tempurung ini. Sebut saja Jacky, pengolah arang tempurung dari Likupang, Minasaha Utara.  Menurut Jacky, pada awalnya dia merasa puas karena arang tempurung yang beliau jual bisa menjapai harga Rp. 3.500/kg namun entah kenapa dengan proses yang sama mendapatkan potongan yang cukup besar sehingga akhir-akhir ini harga yang dipatok menjadi sekitar Rp. 2.700/kg. “kalau mau lihat daftar harga harganya bisa mencapai Rp. 3.900/kg tapi mungkin tidak ada yang bisa sampai harga seperti itu karena kadar airnya harus sekitar 1 persen, jelasnya.

Lain lagi pengakuan Ishak dari Wasian kecamatan Dimembe, menurutnya potongan abu terbang cukup tinggi, bisa sampai 30 persen, belum lagi potongan kadar` airnya. “yah so musti puas dengan harga Rp. 2.700/kg”, jelasnya. Menurut Michael dari Warukapas, arang tempurung dibuatnya dengan cara dibakar di lobang yang dibuat dari batu tela dan rata-rata arang tempurungnya dibeli dengan harga Rp. 3.200/kg.

Menurut seorang staf perusahaan di sekitar Matungkas yang tidak mau disebutkan namanya, potongan diberikan karena banyak yang arang tempurungnya tidak diolah dengan benar. Ada yang kadar airnya tinggi karena setelah dibakar disiram dengan air, ada pula yang banyak abu nya, bukan saja abu terbang tetapi ada juga abu tanah yang hangus dicampur dengan arang tempurung. Yang seperti itu musti diproses ulang, yang banyak abunya dibersihkan dulu dan yang basah dipanaskan kembali untuk menghilangkan kadar airnya. Menurutnya, kalau mau dapat harga yang bagus, harus diproses dengan baik juga.

About Echel

Check Also

PPKM Level Dua, Polres Minahasa Utara Laksanakan Operasi Yustisi di Malam Hari

Minahasa Utara, Sulutlink.com – Unit Turjawali Satuan Samapta Polres Minahasa Utara Polda Sulawesi Utara melaksanakan …