web analytics

Penyaluran BLT DD Tahap 3 Serentak di 8 Desa

Kawangkoan, sulutlink.com
Setelah merampungkan laporan pertanggung jawaban (LPJ) penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) DanDes tahap 2. Kini desa-desa di Kabupaten Minahasa sedang bergiat melaksanakan penyaluran BLT Dandes Tahap ke 3.
Pada Senin (07/07), ada 8 Desa di Kecamatan Kawangkoan Barat yang melaksanakan BLT tersebut kepada masyakat terdampak bencana nonalam Covid-19, di Desa masing-masing.
8 Desa tersebut adalah Desa Kayuuwi Satu, Kayuuwi, Kanonang Satu, Kanonang Dua, Kanonang Empat, Kanonang Lima, Tombasian Atas dan Tombasian.
Dalam kegiatan penyerahan BLT DanDes di Desa Kanonang Satu, Kepada wartawan media ini Hukum Tua (Kades) Kanonang Satu Lucky Kasenda SE yang didampingi Sekdesnya, Happy Walangitan mengatakan bahwa penetapan jumlah penerima BTL di Desanya (Kanonang Satu) hanya 33 Kepala Keluarga. “Torang Pemerintah Desa bersama Badan Perwakilan Desa (BPD), sepakat untuk mengalokasikan DanDes pada Sistem Padat Karya. Di mana masyarakat bisa melakukan kegiatan bertani dalam Kelompok Tani. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat diberdayakan dari segi usaha tani yang hasilnya jauh lebih besar daripada jumlah BLT, yang 600 ribu rupiah per KK itu.” ujar Kasenda.
Ditambahkan Kumtua muda ini, “ada muatan edukasi kepada masyarakat. Agar tidak hanya berdiam diri dan hanya menunggu bantuan pemerintah saja. Mumpung iklim dan ketersediaan lahan pertanian yang subur bisa dikelolah, kita (pemdes Kanonang Satu) memprogramkan sistem padat karya kelompok Tani itu. Dengan kebiasaan serta pengetahuan yang memadai di bidang Pertanian, tentunya dapat diharapkan hasil panen yang maksimal dan berkuawalitas. Dan produksi komoditas pertanian jika dipasarkan, tentunya akan memberi keuntungan finasial yang lebih besar kepada masing anggota kelompok Tani, daripada jumlah 600 ribu rupiah BLT DanDes. Ini sudah melalui kajian, sehingga penerima BLT DanDes kami seleksi hanya kepada keluarga yang tidak produktif lagi, semisal kaum Lanjut Usia dan penyandang disabilitas.” pungkas Lucky.

Di Desa Kanonang Empat, Plt Hukum Tua Jemmy Pinatik SE, mengatakan di Desanya (Kanonang Empat) ada 89 KK penerima BLT DanDes. Jumlah penerima tersebut ditetapkan berdasarkan hasil Musyawarah Desa Khusus (MusDeSus) yang dimotori oleh BPD setempat dan dilaksanakan oleh Relawan Desa bersama Hukum Tua selaku Ketua Relawan Desa.
“Meski desa kami telah lebih dahulu mengadakan belanja armada mobil sampah dan menyelesaikan pekerjaan pembangunan fisik, namun kami pemerintah Desa Kanonang Empat, sanggup mengalokasikan dana untuk BLT Dandes kepada 89 KK dari tahap 1 hingga kini, tahap ke 3.” ujar Pinatik.

Pelaksanaan Penyaluran BLT DanDes di Kecamatan Kawangkoan Barat ini, tak lepas dari pantauan pihak Polsek Kawangkoan.
Dalam arahannya kepada masyarakat penerima BLT Dandes di Desa Kanonang Dua Kapolsek Kawangkoan IPTU Anthonius Tumbelaka menyampaikan tentang pentingnya melaksanakan Protokol Kesehatan selalu. “Jangan lengah atau anggap enteng, di Sulawesi Utara (Sulut) jumlah pasien positif Corona masih terus bertambah. Dikatakan oleh Kapolsek ini, Masyarakat harus tetap mengikuti aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah agar tidak terpapar virus corona covid-19. Tetap pakai masker dan rajin mencuci tangan, jaga jarak dengan tidak melakukan kontak erat dengan seperti sebelum adanya bencana virus corona. Semuanya harus dimulai dari mendisplinkan diri sendiri dan menyampaikan serta memberi contoh yang benar kepada sesama warga masyarakat.” ujar mantan kapolsek Tompaso itu. (Harry)

About Redaksi Sulutlink

Check Also

RDP Komisi III DPRD Bersama Balai Sungai dan Satker Terkait, Tindak Lanjuti Aspirasi Warga

  Manado, sulutlink.com – Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPRD Sulut bersama Balai Sungai tindak …