web analytics

PERINGATAN HARI KANKER SEDUNIA – Sulawesi Utara

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE berbgi keceriaan bersama para penderita kanker dan anak-anak dalam kegiatan memperingati Hari Kanker se Dunia (World Cancer Day ) yang di rangkaikan dengan Hari Gizi Nasional ke 57 dikawasan Mega Mas Manado, Sabtu 04/01/2017. (Foto. Pemprov Sulut)

Sulutlink.com – Manado, Dalam rangka memperingati Hari Kanker se Dunia (World  Cancer Day ), Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengadakan Kegiatan Temu Bersama para penderita Kanker yang di rangkaikan dengan Hari Gizi Nasional  ke 57 bertempat di kawasan Mega Mas Manado,  Sabtu  04/01/2017.

Kegiatan yang dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey ini, berlangsung hangat dan santai. Di kesempatan ini pula Gubernur memberi diri untuk berbagi keceriaan dengan melayani memberikan buah buahan kepada  anak- anak  dan ibu -ibu penderita penyakit kanker, sambil mengkampayekan kepada masyarakat yang hadir agar selalu banyak mengkonsumsi buah dan sayur guna mencegah berbagai penyakit terutama penyakit kanker.

“ Mari kita semua banyak mengkonsumsi sayur dan buah, untuk mencegah penyakita kanker dan menjaga kesehatan,” ajak Gubernur Sulut ini.

Plt Kepala dinas kesehatan provinsi Sulut  Dr Debie  Kalalo MSc.PH mengatakan acara ini ditujukan untuk menggalang peran serta masyarakat dalam mengkampanyakan Gerakan Masyarakat Sehat atau ( Germas) yang telah di launching Menteri Kesehatan RI  mengupayakan untuk merubah perilaku masyrakat dalam pola komsumsi makanan terutama lebih banyak makan buah dan  sayur.

Menurut Dr Debie hasil  penelitian dasar kesehatan tahin 2013  mengindikasikan angka kejadian kanker sulut mencapao 1.7 kasus per 1000 penduduk diperkirakan ada kurang lebih 4.000 penderita kanker di sulut, selama ini berkembang paradigma keliru dalam masyarakat bahwa penyakit kanker.

“ Paradigma yang menyatakan kanker adalah penyakit yang tidak bisa tersentuh, sekali terkena kemudian tidak ada harapan lagi adalah paradigma yang harus diubah, lewat kampanye ini bahwa kanker penyakit berbahaya itu memang benar , tetapi pemerikasaan  sedini mungkin dan suport kolektif dari keluarga dan masyarakat akan mampu meningkatkan kesembuhan dari penderita kanker,” imbau dr. Debbie

Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Sulawesi Utara dr Kartika Devi  Kandouw- Tanos MARS yang turut hadir dalam kegiatan ini,  menambahkan agar masyarakat selalu menjaga kesehatan sejak dini untuk itu harus rajin makan buah dan sayur atau menambah porsi buah serta sayur, rajin berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh  demi menangkal semua penyakit termasuk jantung dan kanker . (bjl)

About Redaksi 2

Check Also

KPU SOSIALISASIKAN PEMUTAHIRAN DATA PEMILU 2024, KERAHKAN PANTARLIH 15 KABUPATEN KOTA SE SULUT

  Februari 1.2023. Admin: karel tangka Sulutlink.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara …