web analytics

Permainan Indah Helgemo

doc.wikipedia

Sulutlink.com – Geir Helgemo merupakan seorang bintang bridge dari Norwegia yang tiada henti-hentinya membuat penggemar bridge sejagat menikmati keindahan permainannya. Kehebatan Helgemo terlihat sejak di arena kejuaraan dunia junior beberapa puluh tahun lalu. Pada 1993 ia menjadi runner up kejuaraan dunia junior sekaligus Bermula Bowl selanjutnya ia telah meraih berbagai prestasi. Papan ini memperlihatkan keindahan permainan Helgemo.

S A K 10 4 2
H 9 7 4
D A 2
C 10 7 2
S Q 9 8 6 5 S J 7
H.3 2 H K Q 5
D K 10 D Q J 9 5 4 3
C Q J 9 3 C 8 4
S 3
H A J 10 8 6
D 8 7 6
C A K 6 5

Barat Utara Timur Selatan
Cayne Helgemo
1H
Pass 1S 2D Pass
Pass 3D Pass 3H.
Pass 4H //

Pemain Barat menemukan lead yang mematikan trump membuat declarer tidak mungkin mendapatkan trik kesepuluh melalui Diamond ruff. Terhadap HQ dari Timur, Helgemo langsung ambil dengan A. Selanjutnya Helgemo main Spade dengan harapan Spade terbagi 4-3, inilah rencana awal Helgemo.Main SAK dan di tangan discard Diamond dilanjutkan dengan spade ruff kemudian main 3 kali Club. Menang club ketiga defender tentu saja harus cabut trump untuk menghindari Helgemo ruff Club di meja.

Pada kesempatan ini, Helgemo akan memanfaatkan trump sebagai trump y untuk ruff spade dan masih ada DA sebagai entry memanfaatkan Spade yang sudah bebas.
Sayang sekali ketika ia main Spade ketiga Timur discard C8 sehingga ia harus mengubah rencana permainan. Helgemo kemudian ruff Spade dan main HJ ketika Timur menang dengan HK dilanjutkan dengan Heart lagi. Pada trik ini, Barat sudah menemui kesulitan discard sehingga ia terpaksa buang Diamond King (defence terbaik) Pada trik berikutnya, Helgemo mengejutkan semua orang dengan main D2.

Tapi di sinilah letak keindahan itu. Mari kita lihat diagram berikut ini:

S 10 4
H —
D A 2
C 10 7 2
S Q 9 S —
H — H —
D 10 D Q J 9 5 4 3
C Q J 9 3 C 4
S —
H 10
D 8 7
C A K 6 5

Timur menang dengan DJ tapi selanjutnya apa pun yang ia lakukan akan menguntungkan declarer Jika ia serang Club, declarer main C5 dan Barat menemui kesulitan. Jalan terbaik adalah serang Diamond. Pada trik ini Barat kembali kesulitan, ia harus mempertahankan Club dan terpaksa discard Spade. Pada trik berikutnya muncul keindahan permainan papan ini di mana Helgemo akan ruff Spade kemudian main Club kecil ke arah 10. Barat terpaksa harus menyerah.

Oleh : Bert Toar Polii

About Redaksi 2

Check Also

Coup En Passant di Wuhan

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – Dalam permainan bridge ada beberapa teknik permainan yang …