web analytics

Permainan Jenius Joe Grue

Oleh : Bert Toar Polii


Sulutlink.com
– KEJUARAAN Dunia Junior ke-10 yang berlangsung di Sydney Olympic Park, Australia, 7-17 Agustus 2005, menyisakan pertarungan menarik ketika Amerika Serikat menundukkah Polandia di babak final. Amerika bertumpu pada Joe Grue, Ari Greenberg, John Hurd, John Kranyak, Julian Lall, dan Joel Wooldridge. Sedangkan Polandia diperkuat Konrad Araskiewics, Krysztof Buras, Jacek Kalita, Krzysztof Kotorowicz, Piotr Madry, dan Wojciech Strzemecki. Sedangkan posisi tiga menjadi milik Kanada, yang menampilkan Timothy Capes, Vincent Demuy, David Grainger, Charles Halasi, Daniel Lavee, dan Gavin Wolpert.

Sistem pertandingan di sini serupa dengan Kejuaraan Dunia Bermuda Bowl dan Venice Cup. Dengan kata lain, peserta hanya wakil – wakil zona yang telah ditetapkan kuotanya. Indonesia gagal tampil setelah kalah pada babak kualifikasi di Seoul, Korea Selatan, sebelumnya. Di final kejuaraan dunia junior itu, salah satu yang menunjang keberhasilan Amerika Serikat adalah penampilan memikat Joe Grue. Pada papan ini ia berhasil menyelesaikan kontrak yang dianggap tidak mungkin menjadi mungkin.

S A K J 10 5
H Q 9 2
D.Q J 10
C.Q 9
S 9 S Q 8 2
H A 10 6 5 H 7 4
D K 8 7 4 D.3 2
C A K 6 3 C J 10 8 7 4 2
S 7 6 4 3
H K J 8 3
D A 9 6 5
C 5

Open Room
Barat Utara Timur Selatan
Demuy Grue Wolpert Kranyak
1NT Pass 2C
Pass 2S Pass 3C
Pass 3NT Pass 4S
Dbl. //

Closed Room
Barat Utara Timur Selatan
Wooldridge Grainger Hurd Lavee
1S Pass 3H
Pas 3NT Pas 4C
Dbl 4S //

Ada 4 trik pasti buat lawan, sehingga pasti kontrak mati 1. Mungkin Anda menduga demikian setelah membaca pembagian distribusi. Tapi Grue justru membuat kejutan lain. Di Closed Room, Grainger tidak mendapat kesempatan untuk bikin. Karena, Hurd lead Club yang dimenangkan Wooldridge dan langsung beralih serang trump. Declarer kalah masing-masing 1 trik di setiap warna.

Grue menerima lead Heart yang dibiarkan oleh Demuy untuk dimenangkan declarer. Pada trik kedua Grue memainkan SJ suatu kartu yang sangat sulit dibayangkan akan dimainkan oleh declarer. Cara bermain seperti ini membuat tidak ada seorang pun yang bisa menyalahkan Wolpert ketika ia main S2. Cara bermain Grue bisa mengakibatkan kontrak mati 2 seandainya Wolpert main SQ karena ia kemudian dapat ruff Heart. Grue bermain seperti ini, karena ia yakin dengan double dari Demuy yang mengindikasikan kemungkinan trump tidak terbagi rata. Permainan yang jenius dan memerlukan mental baja.

About Redaksi 2

Check Also

Mengenal World Bridge Team Championship (WBTC), Piala Dunianya Bridge

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – Cabang olahraga bridge mempunyai event yang mirip dengan …