web analytics

Persiapan Event Perdana ‘Karnaval Bendi Hias 29 Januari 2017’

Sulutlink.com – Tondano, Sesuai agenda wisata Pesona Minahasa 2017, Pemerintah Minahasa akan mengelar event perdana Karnaval Bendi Hias pada hari minggu 29 Januari 2017 di Benteng Moraya Tondano, Kabupaten Minahasa – Sulawesi Utara.

Dalam rangka itu, Pemkab Minahasa tengah melakukan sejumlah persiapan, seperti kemarin senin (23/1/2017) yang lalu, panitia telah mengadakan technical meeting serta pencabutan nomor peserta yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Minahasa, di ruang sidang kantor Pemkab Minahasa,

Asisten II Pemkab Minahasa Wilford Siagian yang hadir di Teknical Meeting tersebut menjelaskan “Kegiatan ini kiranya akan membawa banyak pengunjung ke Minahasa,” ujar dia.
“ Dengan begitu dapat meningkatkan pendapatan daerah, sehingga, menurutnya, diperlukan keterlibatan semua pihak untuk suksesnya acara ini,” tambahnya.

Kepala Disbudpar Minahasa Agustifo Tumundo menjelaskan “ Ketua Dewan Juri adalah Meksi Sahensolar, beliau mewakili akademisi dan pemerhati pariwisata dan mengenai Penilaian akan dilakukan di beberapa titik,” jelas Kadisbudpar ini.

Ditempat yang sama Ketua Dewan Juri Sahensolar menguraikan, tujuan karnaval budaya hias ini intinya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Minahasa, membudayakan, dan melestarikan bendi sebagai transportasi tradisional dan angkutan pariwisata dan sebagai sumber pendapatan kusir bendi.
” Harus kreatif, tematik pesona Minahasa, inovatif, performance kuda, bendi, kusir, dan penumpang,” kata dia.

Pada hari ini selasa 24/1/2017, terlihat Dinas Budpar Minahasa melakukan survey lokasi untuk kegiatan karvanal ini , dipimpin langsung oleh Kadisbupar Agustifo Tumundo didampingi Sekertaris Disbudpar Jimi Pinangkaan dan sejumlah staf guna memantapkan kembali route untuk start dan finishnya.

Kadisbupar Agustifo Tumundo didampingi Sekertaris Disbudpar Jimi Pinangkaan tengah melakukan Survey Lokasi, Selasa 24/1/2017 (ft. DN)

Untuk route kegiatan Karnaval Bendi Hias itu sendiri, sesuai rencana peserta akan di lepas dari Benteng Moraya melewati Jalan Boulevard, Tataaran, Roong, Wewelen, Luaan, Liningaan, Kiniar, Jembatan Tutu, mengarah ke Lapangan Sam Ratulangi atau Taman God Bless Minahasa. (bjl)

 

About Redaksi 2

Check Also

Presiden Jokowi Serahkan Bonus bagi Atlet Paralimpiade 2020

Sulutlink – Kontingen Paralimpiade Indonesia yang meraih prestasi di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 telah diterima …