web analytics

Peserta Bridge Challenge HBN 2020 Membludak


Oleh : Bert Toar Polii
Dalam rangka memperingati HUT GABSI 12 Desember 2020 , PB GABSI memutuskan untuk menggelar Turnamen Bridge Challenge pada tanggal 8-14 Desember 2020.
Ini sedikit berbeda dengan penyelenggaraan Turnamen Hari Bridge Nasional pada tahun-tahun sebelumnya. Sebab, biasanya Hari Bridge Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Desember dimeriahkan dengan Turnamen Bridge Pasangan yang diadakan di berbagai kota dengan memainkan papan yang sama.
Awalnya turnamen ini hanya digelar sampai tanggal 12 Desember 2020 dengan sistim pertandingan seperti yang disampaikan pada berita sebelumnya.
Namun diluar dugaan peserta membludak. Sampai pendaftaran ditutup, tercatat ada 399 peserta yang ikut.
Ini sesuatu yang menggembirakan karena program PB Gabsi yang sudah digagas lama. Memasyarakatkan sistim standart telah berhasil dengan baik.
Dulu diawal pelaksanaan turnamen Hari Bridge Nasional (HBN) disediakan hadiah khusus untuk pemenang yang bermain dengan sistim standart.

Ketika pemain ikut challenge, otomatis ia harus menuasai sistim yang digunakan robot karena Ginsberg’s Intelligent Bridgeplayer (GIB) atau Robot sebagai partnernya di program bermain sistim standart atau natural 2/1.
Menurut Ketua Komite Bridge Online PB Gabsi, Ronny A Lontoh, sistim pertandingan terpaksa di modifikasi dan hari penyelenggaraan ditambah dua hari karena membludaknya peserta yang sedikit diluar dugaan.
Memang ini adalah rekor tersendiri karena BTP Bridge Challenge kedua hanya berhasil meraih 206 peserta.
Untuk itu sistim pertandingan terbaru adalah peserta di bagi 59 pool yang masing-masing pool berisi 7 pemain.
Bermain setengah kompetisi 6 session dengan masing-masing bermain 10 board Best Hand berlangsung tanggal 8 dan 9 Desember 2020. Ini disebut babak penyisihan pertama.
Peringkat 1-3 masing-masing pool lolos ke babak penyisihan kedua dan akan ditambah dengan 53 pemain ranking 4 terbaik.
Dengan demikian ada 224 pemain yang lolos ke babak penyisihan kedua yang akan berlangsung tanggal 10-11 Desember 2020.
Sisim pertandigan tetap sama seperti sebelumnya karena 224 peserta ini akan dibagi 32 pool dengan masing-masing 7 pemain.
Dari babak ini diambil masing-masing juara 1 dan 2 pool untuk lolos ke babak penyisihan ketiga.
Karena peserta tinggal 64 pemain dibagi 16 pool dengan masing-masing 4 pemain. Tetap bertanding setengah kompetisi tapi harus diselesaikan sehari saja pada tanggal 12 Desember 2020.
Hanya juara pool yang akan lolos ke babak semi final. Pada babak semi final ke 16 pemain ini dibagi 4 pool masing-masing 4 pemain dan bermain seperti babak penyisihan ketiga,
Ini juga diselesaikan satu hari tanggal 13 Desember 2020.
Final berlangsung tanggal 14 Desember yang diikuti 4 juara pool dari semi final dan kembali bermain setengah kompetisi untuk mencari juaranya.
Tips untuk para peserta terutama setelah mengetahui poolnya agar segera “add friends” semua lawannya di masing-masing pool untuk memudahkan “invite” dan “accept” lawannya.
Ketua Umum PB Gabsi Miranda S Goeltom menyambut gembira antusiasme peserta dan mengucapkan selamat bertanding sekaligus ucapan terima kasih kepada Komite Bridge Online sebagai penyelenggara.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Berty Kapojos Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Sulut Tahun 2022

Minut, Sulutlink.com – Anggota DPRD Provinsi Sulut Berty Kapojos, S.Sos, gelar kegiatan Sosialisasi Perda (Sosper) …