web analytics

Pilih Mana Main Weak atau Strong NT

Oleh : Bert Toar Polii

Sulutlink.com – Sampai saat ini sulit menemukan jawaban yang tepat mana yang lebih baik main weak NT atau strong NT.
Kedua kubu ini dari dulu memang sudah memiliki pengguna yang berbeda.
Jika anda belajar dari Inggeris mewakili Eropa maka pasti akan menggunakan Sistim Acol dengan pembukaan Weak NT 12-14 HCP (ada yang menggunakan 13-15 HCP)
Tapi kalau anda belajar dari Amerika Serikat dengan Standart American Yellow Card (SAYC) atau 2/1 maka pasti akan menggunakan Strong NT 15-17 HCP (ada yang menggunakan 14-16 atau 16-18 HCP).
Namun saat ini sudah banyak pemain Eropa yang bermain Strong NT dan sebaliknya pemain Amerika bermain Weak NT. Malah salah satu pasangan terbaik dunia Meckwell atau Meckstroth/Rodwell mempopulerkan Mini NT 10-12 HCP atau popular disebut Kamikaze NT mengambil istilah Jepang untuk tindakan bunuh diri. Ya istilah ini memang cocok karena banyak pemain yang menganggap pembukaan Weak NT apalagi Mini Notrump adalah tindakan bunuh diri.
Penulis sendiri menggunakan Strong NT sejak lama. Tapi kemudian ketika bermain Djarum Precision jadi beralih bermain Weak NT. Tapi ketika berpasangan dengan Denny Sacul kami memilih mengkombinasikan keduanya. Pada posisi bahaya, tangan ketiga dan keempat kami bermain Strong NT sedangkan untuk posisi lainnya buka Weak NT.
Sebenarnya penggunaan Weak NT sudah diusulkan oleh pelatih tim nasional, Erick Kokish asal Kanada beberapa tahun yang lalu saat melatih tim nasional.
Berwain two-way NT cukup beresiko terutama kalau ada salah satu pihak yang lupa atau lalai melihat posisi papan.

Sejujurnya menurut penulis, Weak NT lebih punya keunggulan ketimbang Strong NT.
Mari kita lihat keunggulan dan kelemahan Weak NT.
1. Pembukaan Weak NT sebenarnya adalah preemptive terendah karena menutup peluang lawan untuk bid 1 warna.
2. Sekaligus memberitahukan langsung range point dan distribusi tanpa perlu memikirkan rebid berikutnya.
3. Dengan demikian akan membuat pembukaan 1 minor lebih kearah natural atau balanced 15-17 HCP
4. Komposis Weak NT 12-14 HCP lebih sering muncul ketimbang Strong NT

Namun keunggulan ini tentu saja ada resiko ketika kedua tangan tidak cukup kuat dan miss-fit maka kemungkinan lawan melakukan double penalty.
Oleh sebab itu jika kita memilih menggunakan Weak NT maka harus dilengkapi dengan konvensi untuk bagaimana cara menghindari ketika lawan penalty. Konvensi yang digunakan biasa dinamakan “escaping from 1NT double” yang cukup banyak variasinya.
Selain itu ada kelemahan lain dimana tidak bisa menemukan fit 4-4 major jika responder tidak cukup kuat untuk Stayman.
Kelemahan lain tidak menemukan fit diwarna minor yang bisa lebih baik ketimbang main 1NT.

Untuk pemain yang bermain Sistim Precision akan diuntungkan karena pembukaan 1D menjadi natural D atau pegangan balanced 15-17 HCP. Ini yang dianjurkan Erick Kokish jika bermain Sistim Precision dan main Weak NT.
Precision yang lama bermain Weak NT 13-15 HCP sehingga 1D menjadi minimal 4 kartu D dan pegangan dengan 16+ HCP akan buka 1C Strong.
Kelemahannya dengan pegangan 12 HCP balanced harus pass. Ini yang tidak menjadi pilihan saat ini dimana agresife bid lebih dipilih.

About Redaksi 2

Check Also

AHY LANTIK 15 DPC PARTAI DEMOKRAT SE SULUT, ANISA LANTIK SRIKANDI SEYLA KUDATI

  November  25. 2022 admin: karel supit Manado. Sulutlink.com – Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat …