web analytics

PLTD Jadi PLTP, Inovasi BPPT Bagi Kemandirian Energi

Program prioritas nasional dalam bidang kelistrikan didukung penuh oleh BPPT. Dengan menyiapkan inovasi teknologi rancang bangun Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) skala kecil, BPPT berkeyakinan dapat membantu pemerintah mewujudkan kemandirian energi nasional melalui substitusi Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD).

Menurut Andhika Prastawa, Kepala Balai Besar Teknologi Konversi Energi BPPT, dalam skala nasional  hasil inovasi teknologi PLTP ini dapat mengganti hingga total 300 Mega Watt (MW) PLTD, utamanya PLTD yang terletak di beberapa propinsi di bagian Indonesia Timur.

pltp bppt
“Kami menggunakan konsep teknologi Condensing Turbine dan Binary Cycle dengan memanfaatkan komponen dalam negeri secara maksimal. Dengan adanya inovasi ini, bahan bakar minyak (BBM) yang biasa dipakai dalam PLTD pun akan mampu dihemat. Bahkan potensi penghematannya bisa mencapai Rp 1 triliun per tahun, sesuai dengan nilai yang dikeluarkan pemerintah untuk membeli BBM bagi PLTD,” ungkapnya.,

Ia menambahkan, saat ini BPPT telah berhasil membangun pilot plant PLTP kapasitas 3 MW tipe Condensing Turbine di lapangan panasbumi Kamojang, Garut,  dan PLTP 50 Kilo Watt (KW) tipe Binary Cycle di lapangan Lahendong, Sulawesi Utara, yang berfungsi sebagai  percobaan dan percontohan PLTP Skala Kecil.

“Untuk PLTP 3 MW, kami telah berhasil melakukan rolling test turbin hingga putaran nominal 6000 rpm. Selanjutnya kami akan lakukan uji beban dan operasional yang direncanakan selesai  tahun ini. Sedangkan untuk PLTP tipe Binary Cycle, kami proyeksikan akan beroperasi pada akhir Triwulan II 2016 ini. Ini semua adalah bagian dari tugas kami di BPPT, dan kami siap,” pungkas Andika. (Humas/HMP)

About Echel

Check Also

Pemerintah Desa Suluun Dua Salurkan Bantuan ke Salah Satu PKM Yang Tinggal Sendiri di Perkebunan

Minahasa Selatan, Sulutlink.com – Pemerintah Desa Suluun Dua menyalurkan BLT DD kepada KPM yang tinggal …