web analytics

Polri Bentuk 2 Unit Baru : Direktorat Tindak Pidana Siber dan Biro Multimedia

Mabaes POLRI (Foto. hallopolisi.com)

Sulutlink.com – Jakarta, Kepolisian Republik Indonesia resmi membentuk Direktorat Tindak Pidana Siber dan Biro Multimedia. Direktorat Tindak Pidana Siber nantinya akan menjadi bagian dari unsur Pelaksana Utama Direktorat Bareskrim Polri sedangkan Biro Multimedia bernauang di Divisi Humas Polri.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar, seperti yang dikutip dari halaman kompas,com mengatakan Kombes Pol Mohammad Fadil Imran akan menempati posisi sebagai Direktur Tindak Pidana Siber.

“Iya sudah resmi. Hari ini sudah mulai (dibentuk),” ujar Boy, saat dikonfirmasi, Jumat malam (3/2/2017) .

Fadil sebelumnya merupakan Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri.

Boy juga menjelaskan Biro Multimedia yang baru dibentuk ini, akan memberikan edukasi, sosialisasi, dan penjelasan terkait aktivitas di dunia maya memanfaatkam beragam media.

Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah yang akan terpilih menjabat Kepala Biro Multimedia, dimana sebelumnya menjabat Widyaiswara Madya Sespim Polri Lembaga Pendidikan Kepolisian .

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, penambahan unit di lingkungan Polri merupakan bagian dari kebutuhan organisasi.

Pembentukan Unit baru ini telah melalui pembahasan bersama dengan Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan telah disetujui Presiden Joko Widodo.

” Dua unit baru ini sama-sama menangani hal yang terkait dunia maya,” jelasnya

Menurut Martinus, saat ini media konvensional punya “pesaing” yakni media sosial. Dalam mengelola media modern tersebut, butuh kecakapan khusus dan sumber daya yang baik.

“Yang bisa mengelola masyarakat bekerja memanfaatkan medsos untuk hal-hal yang bermanfaat, tidak menjadi suatu provokasi dan menjadi perpecahan,” kata Martinus.

Ia menambahkan Direktur Tindak Pidana Siber dan Kepala Biro Multimedia akan segera dilantik dalam dua pekan ke depan dan setelah itu dua unit baru ini akan segera beroperasi.

Diharapkan dengan hadirnya dua unit baru ini, dapat mencengah dan mengatasi tindak kejahatan di dunia maya yang sedang marak terjadi sekarang ini. (bjl)

Sumber. ANKM/kompas.com

 

 

About Redaksi 2

Check Also

Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut Sosialisasi Perda Provinsi Sulut Tahun 2022

“Agenda sosialisasi perda dari tanggal 23-27 September 2022” Sangihe, Sulutlink.com – dr. Fransiscus Andi Silangen, …