web analytics

Presiden Jokowi Apresiasi Kunjungan Presiden Perancis ‘Hollande’ Bawa Investasi 2,6 Miliar Dollar

Presiden Jokowi dan Presiden Perancis Francois Hollande, saat melakukan keterangan pers bersama, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (29/3) siang. (Foto: Rahmat)

Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Perancis Francois Hollande, yang dalam kunjungan kenegaraannya ke Indonesia kali ini membawa serta 40 pengusaha, dan telah menyampaikan komitmen baru untuk investasi sebesar 2,6 miliar dollar AS, untuk meningkatkan kerja sama di bidang energi, di bidang infrastruktur, dan di bidang ritel.

“Baru saja saya telah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Hollande dan kami sepakat untuk memperkuat komitmen kedua negara dalam meningkatkan hubungan baik,” kata Presiden Jokowi dalam konperensi pers bersama Presiden Perancis Francois Hollande usai menyaksikan penandatangan kerja sama bilateral kedua negara, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (29/3) siang.

Presiden juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Perancis yang telah membantu melawan tindakan diskriminatif terhadap produk kelapa sawit Indonesia. Ia menegaskan, bahwa isu sustainability bagi kelapa sawit merupakan prioritas bagi Indonesia.

“Indonesia  menyampaikan usulan agar pola kerja sama yang sudah terjalin untuk produk kayu juga dapat dilakukan untuk produk kelapa sawit Indonesia,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menyambut baik, fokus baru dalam hubungan bilateral yaitu kerja sama maritim dan kerja sama di bidang ekonomi kreatif. Menurut Presiden, Indonesia telah meminta kerja sama dalam memerangi IUU Fishing, termasuk menjadikan IUU Fishing sebagai transnational organized crime.

Di bidang ekonomi kreatif, lanjut Presiden, kerja sama di bidang sinematografis, perfilman, fashion, dan ekonomi digital akan terus dikembangkan.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatangan 5 MoU kerja sama yaitu di bidang pembangunan urban berkelanjutan, di bidang pariwisata, di bidang pertahanan, dan di bidang ilmu pengetahuan dan penelitian, serta pertukaran tenaga peneliti. (red./sb.RMI/RAH/AGG/ES)

About Redaksi 2

Check Also

Gubernur Olly Hadiri Pembekalan Manajemen ASN Berbasis Merit Sistem

Sulutlink – Keberhasilan organisasi merupakan tujuan dan cita-cita bersama untuk mewujudkan perkembangan suatu organisasi pemerintah …