web analytics

Presiden Jokowi Resmikan Ruas Tol Manado – Bitung

 

Presiden RI Jokowi saat Meresmikan Ruas Tol Danowudu – Bitung Sepanjang 13,5 km Bagian tahap akhir Tol Manado – Bitung

Manado, sulutlink.com – Jalan Ruas tol Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 km bagian tahap akhir Tol Manado-Bitung, rampung dan diresmikan oleh Presiden Jokowi, Jumat (25/2/2022).

Hal tersebut ditandai dengan diresmikannya ruas Jalan Tol Manado-Bitung total memiliki panjang sekitar 39,8 km dengan kategori jalan tol terpanjang di Pulau Sulawesi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan jalan tol Manado-Bitung siap dimanfaatkan dalam rangka mendukung aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara.

“Jalan tol ini memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5 sampai 2 jam, dan sekarang menjadi 30 menit,” ucap Presiden Jokowi dalam peresmian Jalan Tol Manado-Bitung.

Presiden Jokowi menegaskan, kehadiran jalan tol ini juga akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, mobilitas orang dari Manado ke Bitung, kemudian Manado ke pelabuhan Internasional Bitung dan juga nantinya akan diarahkan ke Likupang.

“Kita berharap dari pembangunan ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan kita harapkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara melebihi dari nasional, karena di tahun 2021 Sulawesi Utara memang diatas pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkap Presiden Jokowi.

Sementara Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menuturkan, bahwa pembangunan ruas tol Manado – Bitung merupakan salah satu dukungan yang signifikan bagi pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Destinasi Wisata Super Prioritas Manado – Bitung – Likupang.

” Saat ini Jalan Tol Manado-Bitung sudah terkoneksi seluruhnya, untuk itu Pemerintah Daerah harus serius segera mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus Bitung, termasuk Pelabuhan Bitung. Saya sampaikan kepada Pemda untuk cari investor, dan Kementerian PUPR selalu siap dengan dukungan infrastruktur jalannya, land clearing dan kebutuhan airnya,” ujar Menteri Basuki.

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya menyampaikan, dengan diresmikan pembangunan ruas Jalan Tol Manado-Bitung penting akan membantu pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara.

“Ini bukti bahwa Pak Presiden dan Pemerintah Pusat betul-betul punya komitmen membangun dari timur sampai ke barat Indonesia,” tutur Gubernur Olly.

“Dan tentunya seperti saat ini Pak, walaupun COVID, Sulawesi Utara menunjukan pertumbuhan ekonominya terus meningkat. Tahun 2021 kita 4,17 pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara,” rinci Olly.

Angka pertumbuhan ekonomi Sulut, melampaui pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia di tahun 2021 yang berada pada 3,69 %. Ini juga berkat bantuan bapak Presiden sehingga masyarakat Sulawesi Utara bisa merasakan kehadiran pemerintah di sini,” pungkas Gubernur Olly. **/karel.adm.2 SL.

About DeProS Red

Check Also

Johnny Panambunan: Bappemperda DPRD Sulut Pacu Ranperda Pariwisata

Manado, sulutlink.com – Sulawesi Utara menjadi perhatian pemerintah pusat untuk pengembangan pariwisata melalui Pencanangan daerah …