web analytics

Presiden Jokowi Sambut Langsung Kedatangan Raja Salman di Halim

Menyambut Kedatangan Raja Salman, Presiden Jokowi saat memperkenalkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kepada Raja Arab Saudi ini, Halim, Rabu 1/3/2017. (Foto. INSTAGRAM @basukibtp)

Jakarta, Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud ke Indonesia sangat dinantikan, tepat pukul 12.31 WIB, Rabu (1/3/2017), pesawat yang ditumpangi Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz Al-Saud telah mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Saat pintu terbuka beberapa menit kemudian, Raja Salman turun dari pesawat yang langsung disambut oleh Presiden Jokowi di bawah tangga pesawat.

Presiden yang mengenakan jas lengkap berdasi merah dan berpeci menyambut tamunya itu dengan cipika-cipiki, sebelum kemudian memperkenalkan Raja Salman untuk bersalaman dengan sejumlah pejabat, di antaranya Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir, Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah Alwi Shihab, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Dalam pertemuan di Istana Kepresidenan itu, dijadwalkan akan ada pertemuan bilateral antara delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Jokowi dan Arab Saudi yang dipimpin oleh Raja Salman, penandatanganan nota kesepahaman, serta jamuan makan siang kenegaraan. Selain itu akan dilakukan upacara penganugerahan Bintang Republik Indonesia Adipurna kepada Raja Salman.

Penyambutan langsung atas kedatangan Raja Saudi itu sendiri tak berlangsung lama. Presiden beserta rombongan langsung bergegas menuju Istana Kepresidenan Bogor guna mempersiapkan penyambutan kenegaraan.

Seperti diketahui, saat berkunjung ke Arab Saudi tahun 2015 lalu, Kepala Negara juga mendapat perlakuan yang sama dari Raja Salman. Ia dijemput langsung oleh Sang Raja, bahkan hingga ke depan pintu Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Untuk jadwal selanjutnya, esok hari, Kamis (2/3/2017), usai berpidato di gedung DPR RI, Raja Salman bersama Presiden Jokowi dijadwalkan akan berkunjung ke Masjid Istiqlal, Jakarta, dan melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh agama di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Setelah menyelesaikan agenda di Bogor dan Jakarta, Raja Salman beserta rombongan Kerajaan Arab Saudi ini akan melanjutkan berlibur ke Pulau Dewata Bali.

Kunjungan Raja Salman ke Indonesia merupakan kunjungan yang sangat bersejarah, setelah kunjungan Raja Faisal pada tahun 1970, sekitar 47 tahun yang lalu. (bsb)

About Redaksi 2

Check Also

Ketua DPRD Fransiscus Silangen, Peringatan HUT ke 58 Provinsi Sulut Refleksi Perjuangan Para Pendahulu

Manado, www.Sulutlink.com – Hari Jumat, 23 September 2022, hari istimewa dan hadiah bagi warga masyarakat …