web analytics

Pricilla Cindy Wurangian Pimpin RDP Lintas Komisi DPRD Sulut Bahas Kelangkaan BBM Solar Bersubsidi, Rivanto: Janji 7 Hari Kedepan Tidak Ada Lagi Antrian di SPBU

 

Manado, Sulutlink. com – Rapat Dengar Pendapat Lintas Komisi I,II,III dan IV DPRD Provinsi Sulut dipimpin Ketua Komisi II Pricilia Cindy Wurangian MBA. Selasa, (19/10/2021) bertempat di ruang Serba Guna DPRD Sulut.

Hal ini terkait banyaknya keluhan masyarakat di Sulut yang sudah berbulan-bulan mengeluhkan soal kelangkaan BBM jenis Solar Bersubsidi. Kelangkaan BBM ini menyulut antrian hampir di seluruh SPBU yang ada di Sulawesi Utara.

Pihak-pihak Stakeholder terkait yang terundang antara lain dari PT. Pertamina, Hiswana Migas, Asisten II Pemprov dan Biro Perekonomian Pemprov Sulut.

Berdasarkan pokok pembahasan, adanya keluhan masyarakat terkait kelangkaan BBM Solar Bersubsidi tersebut masing-masing stakeholder memaparkan data terkait pengelolaan BBM Solar Bersubsidi sesuai program kepada Tim Komisi DPRD Sulut.

Mendengar dan mencermati paparan Stakeholder Ketua Komisi II Cindy Wurangian mengundang Perwakilan Anggota Komisi untuk menanggapi yang dipaparkan oleh masing-masing stakeholder baik oleh Pertamina, Hiswana Migas, Biro Perekonomian, Asisten II Provinsi Sulut serta pihak SPBU yang ikut menyampaikan aspirasi.

Pantauan media sulutlink.com, ada berbagai pendapat dari para wakil rakyat yang hadir menyampaikan argumennya dengan masing- masing pendapat, dugaan adanya praktek mafia dibalik kelangkaan BBM Solar Bersubsidi. Ada yang menyebut dugaan kongkalikong, cigulu-cigulu, ada kepenting tertentu, hampir semua personil perwakilan komisi menduga adanya praktek yang dilakukan pihak management pengelola BBM Solar bersubsidi tidak sesuai SOP.

Sementara itu, Pihak PT. Pertamina maupun Hiswana Gas menanggapi sejumlah pertanyaan maupun pernyataan yang disampaikan para legislator Sulut tentang kelangkaan BBM jenis solar Bersubsidi, menduga melakukan pelanggaran Standarisasi Operasional Pelayanan Publik (SOPP) mengklarifikasi bahwa kami dari Pihak Pertamina hanya mengikuti apa yang diatur oleh pusat. Untuk itu kami berjanji dan menjamin dalam waktu satu minggu, 7 hari kedepan tidak akan ada lagi antrian di SPBU.

” 7 hari dari sekarang Selasa, 19/10/2021 tidak akan ada lagi antrian di SPBU,” kata Sales Manajer Pertamina Manado, Tito Rivanto.

” Beri kami waktu 7 hari kedepan, kami jamin tidak ada antrian panjang di SPBU asalkan DPRD membantu untuk mendapatkan penambahan kuota dari BPH Migas,” janji Tito.

Menjawab terkait dugaan adanya oknum atau mafia yang ikut bermain dibalik kelangkaan solar bersubsidi akan ditindak lanjuti.

Akhirnya Ketua Komisi II Bidang Perekonomian dan Keuangan, Cindy Wurangian, MBA bersama dengan Perwakilan dan keempat Komisi menyepakati kesimpulan yang terangkum sebagai rekomendasi hasil rapat dengar pendapat dengan stakeholder sebagai berikut;

“Pertama, Data Pertamina dan Hiswana Migas disampaikan ke Pemprov dan DPRD secara berkala. Kemudian, pihak ALFI akan sampaikan “Pemain” atau oknum yang bermain kepada pihak DPRD.

Tanggal 26 Oktober pekan depan pihak Pertamina menjamin tidak akan ada lagi antrian di SPBU dengan tidak merugikan pihak manapun termasuk SPBU.

Pemprov Sulut segera menyurat secepatnya untuk permintaan penambahan kuota BBM jenis solar.

Pertamina diminta menjamin ketersediaan BBM jenis lainnya dan gas untuk tetap tersedia terlebih dalam rangka menghadapi hari Raya besar Natal dan Tahun Baru.

Pemprov melalui Keasistenan Perekonomian menyampaikan laporan kepada Komiis II DPRD Sulut.

Pemprov membentuk tim khusus monitoring dan evaluasi terkait hal kelangkaan BBM.

Hadir saat rapat lintas Komisi dari Perwakilan Komisi I, II, III dan Komisi IV antara lain, Cindy Wurangian, Fabian Kaloh, Herry Rotinsulu, Inggrid Sondakh, Sjenny Kalangi, Sandra Rondonuwu, Ivan Lumentut, Nick Lomban, Berty Kapojos, Amir Liputo, Agustine Kambey, Sherly Tjanggulung, dan James Tuuk. (Adm.2.Sl.Rel)

About DeProS Red

Check Also

Polres Minut Pulangkan 3 Korban Perdagangan Orang dari Saumlaki (Maluku Tenggara Barat)

Manado, Sulutlink.com – Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Mulyatno didampingi Kabid Humas Kombes Pol Jules …