web analytics

Produksi Jagung Unlimited Akan Ditampung Bulog

IMG_20170411_164006Sulutlink, Minut. Produksi jagung menjadi perhatian dan prioritas pemerintah melalui Program UPSUS Kementrian Pertanian sehingga tidak dibatasi berapapun hasil produksi petani akan dijamin harganya dan dibeli oleh Bulog.

Komitment pemerintah ini ditegaskan kembali oleh Ir. Arie Bororing, M.Si Kepala Dinas Pertanian Peternakan Propinsi Sulawesi Utara dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Dan Peternakan 2017 di Hotel Sutan Raja Kabupaten Minahasa Utara (11/4).

Jagung sebagai produk strategis pertanian di Indonesia ternyata belum mencukupi kebutuhan dalam negeri atau masih import dan hal ini menjadi prioritas di Sulawesi Utara yang dikenal dengan lahan yang subur.

Pemerintah Propinsi Sulut targetkan 1,7 Juta Ton Produksi Jagung di Tahun 2017 sesuai kontrak bersama dengan Dirjen Pertanian.

Mencapai target ini telah disiapkan berbagai langkah seperti pembentukan Brigade Alsintan di tingkat Kecamatan yang dikelolah Gapoktan, kemudian disediakan bibit unggul Komposit dan Litbang serta penyaluran bansos pupuk di tingkat Kabupaten/Kota.

Kepastian jaminan harga oleh Pemerintah Rp. 3.150,- Per Kg dengan ketentuan Kadar Air 15 %, dengan kata lain jika Kadar Air lebih maka berpengaruh pada turunya harga pembelian Bulog langsung ke petani.

Program strategis lainnya yaitu UPSUS Daging Sapi  yaitu Sapi Induk Wajib Bunting (SIWAB) dimana Sapi lokal Sulut menjadi andalan dalam swasembada daging sapi di Indonesia.

Ternyata Rica dan Bawang merah dan Tomat juga  dijadikan UPSUS karena sangat berpengaruh dan penyumbang inflasi di Sulut karena tanan Horti ini sangat rentan dengan perubahan cuaca yang tidak menentu saat ini.

Diharapkan Kabupaten / Kota memberi perhatian pada program strategis bidang pertanian di Sulut dalam rangka mewujudkan salah satu Visi Gubernur/Wakil Gubernur kedaulatan bidang ekonomi khususnya sektor pangan, pintah Bororing kepada seluruh Kepala Dinas Pertanian se Sulut yang hadir.(jansen)

 

About Redaksi 2

Check Also

Masyarakat Kelurahan Winenet Dua Aertembaga Kota Bitung Hadiri Sosper Anggota DPRD Sulut Johny Panambunan

Bitung, sulutlink.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Johny Panambunan …