web analytics

Prof. Ilham Khawatir Kondisi Dokter Indonesia

IMG_20170802_112254Sulutlink,  Manado.   Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ), Prof. Dr.  Ilham Oetama Marsis,  Sp.OG, menyatakan, kekhawatirannya tentang masa depan profesi dokter Indonesia, apakah siap menghadapi MEA di sektor Layanan Tenaga Kedokteran.

Menurut Prof.  Ilham, sesuai Peraturan Presiden 36/2012 dan Perpres 39/2016  membuka peluang investasi Asing hingga 69 % saham di sektor Layanan Medis.

Ini artinya jika investasi asing tidak mendapatkan kwalitas dokter sesuai standard yang mereka inginkan, maka dipastikan mereka akan merekrut tenaga medis dari luar Indonesia, khususnya dokter-dokter spesialis.

ementara di Indonesia sendiri hingga saat ini masih kekurangan sekitar 30 % dokter sub spesialis dan spesialis untuk mengisi kekosongan dokter spesialis di Rumah Sakit hingga di tingkat Puskesmas.

Akar dari permasalahan ini menurut Prof Ilham berada pada UU Pelayanan Medis dan Pendidikan Kedokteran kita, sehingga perlu segera dilakukan revisi, kalau tidak mau tertinggal dengan negara ASEAN dan kebutuhan global.

Pendidikan kedokteran di Indonesia hingga mencapai Spesialis dan Sub Spesialis harus menghabiskan waktu 9 s/d 11 Tahun.  Sementara di negara lain hanya 6 – 8 Tahun saja.  Dengan kata lain, umur seorang dokter spesialis Indonesia hanya habis di bangku kuliah sehingga kalah cepat dalam persaingan dengan tenaga dokter asing.

Ditambahkan Prof. Ilham,  kebijakan Indonesia tetap membuka diri terhadap masuknya dokter dari negara lain dan atau dokter WNI yang menempuh pendidikan di LN.  Hanya saja, mereka ini diwajibkan mengikuti program Adaptasi selama 1 Tahun dengan kondisi pelayanan medis di Indonesia.

“Tidak ada larangan untuk berkuliah kedokteran di negara manapun di dunia,  namun akan dilakukan seleksi dan penilaian terhadap kwalifikasi dan kwalitas lulusan dari setiap negara sebelum diterima bekerja di Indonesia,”  jelas Prof.  Ilham, saat pelantikan Pengurus IDI Sulawesi Utara di Sutanraja Hotel, Minahasa Utara, belum lama ini. (jansen)

 

About Redaksi 2

Check Also

HILMAN IDRUS UNDANG FORWARD SULUT IKUT KEGIATAN SOSBANG, PERKUAT SEMANGAT PERSATUAN DAN KESATUAN DEMI NKRI

  Desember 5. 2022. 21:25 Manado.sulutlink.com – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Hilman Firmansyah …