web analytics

Puluhan Warga Desa Teep Duduki Dinas PMD Minsel

warga desa Teep

Minsel,Sulutlink.com – Aktifitas kegiatan di Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kabupaten Minahasa Selatan, dikagetkan dengan kedatangan puluhan warga Desa Teep Kecamatan Amurang Barat.

Kedatangan puluhan warga Desa Teep di Dinas PMD Kabupaten Minsel, adalah untuk memberikan dukungan kepada Greace Sangian selaku Pejabat Hukum Tua Desa Teep.

Puluhan warga diterima oleh Plt. Kepala Dinas PMD Kabupaten Minsel Evert Poluakan dan dilakukan kemudian dialog dengan perwakilan warga Desa Teep.

Plt. Kepala Dinas PMD Kabupaten Minsel Evert Poluakan ketika dimintai konfirmasi mengatakan, didapati sejumlah informasi dari perwakilan warga, yang terdiri dari Ketua BPD Desa Teep Junus Katihokang dan unsur Pimpinan Lembaga Desa serta tokoh masyarakat, yang intinya memberikan dukungan atas kepemimpinan dari Pejabat Hukum Tua Greace Sangian.

Poluakan menambahkan, kedatangan warga ini adalah tindaklanjut dari beberapa waktu lalu, dimana ada sejumlah warga Desa Teep lainnya, yang mengajukan protes atas kepemimpinan Pejabat Hukum Tua Greace Sangian ke Camat Amurang Barat, dengan alasan status yang bersangkutan tidak berdomisili di Desa Teep.

“Setelah digali informasi, tidak didapati kesalahan baik secara administratif maupun kedinasan pada Pejabat Hukum Tua Greace Sangian. Kalau soal status domisili dari yang bersangkutan, itu tidak harus menjadi alasan yang mendasar, sepanjang yang bersangkutan dinilai mampu menjalankan tugasnya. Dan terkait SK yang dipersoalkan oleh sebagian warga yang protes, itu adalah kewenangan dan hak dari Bupati,”ucap Poluakan.

warga desa teep 2

Menurut dia, tindakan administrasi dapat dilakukan apabila didapati Pejabat Hukum Tua Greace Sangian, telah didapati melakukan tindakan seperti tindak pidana atau tidak menjalan tugas tetap sebagaimana mestinya.

Disisi lain Butje Songgigilan perwakilan warga Desa Teep ketika dimintai konfirmasi mengatakan, protes yang dilontarkan sejumlah warga kepada Camat Amurang Barat, tidak mendasar dan tidak mewakili keseluruhan aspirasi dari rakyat di Desa Teep.

Ditambahkannya, kemungkinan protes yang dilontarkan adalah bagian rasa ketidakpuasan dari para pendukung mantan Hukum Tua, terkait dikeluarkannya SK Pejabat Hukum Tua dari Bupati yang mengangkat Greace Sangian sebagai Pejabat Hukum Tua Desa Teep dan ini jelas tidak bisa dibiarkan.

Sementara itu Pejabat Hukum Tua Desa Teep Greace Sangian ketika dimintai konfirmasi mengatakan, kedatangan warga di Dinas PMD adalah murni dukungan solidaritas yang diberikan kepada dirinya.

“Saya berharap baik warga yang mendukung maupun yang mengajukan protes agar sama – sama dapat menahan diri dan tidak membuat kegaduhan di Desa Teep. Saya akan melakukan pendekatan dan memberikan pengertian kepada warga yang telah mengajukan protes atas kepemimpinannya, agar masalah ini cepat selesai,”ujar Sangian.(JoTam)

About JoTam

Check Also

Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut Sosialisasi Perda Provinsi Sulut Tahun 2022

“Agenda sosialisasi perda dari tanggal 23-27 September 2022” Sangihe, Sulutlink.com – dr. Fransiscus Andi Silangen, …