web analytics

Rakoref Keuangan Kota Tomohon Dibuka Walikota Eman

Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah Kota Tomohon melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Keuangan Daerah di Aula Kantor Walikota kamis (16/6).

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan dinamika perkembangan lingkungan strategis yang tercemin dalam kondisi umum dan obyektif mendorong perlu adanya pemantapan pengelolaan keuangan daerah dalam rangka mewujudkan tata pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa. “Guna mewujudkan hal tersebut perlu dilakukan Rakorev Keuangan sebagai bagian dari tugas dan tanggung jawab kita bersama. “ Pemerintah Kota Tomohon dalam upaya meningkatkan akuntabilitas, transparansi dan tertib administrasi pengelolaan keuangan daerah serta meningkatnya investasi dan kemampuan fiskal daerah yang kompetitif secara langsung akan mendorong kita untuk terus tertib administrasi pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan, serta efisien dalam pemanfaatan APBD, ungkap Eman. Lebih lanjut dikatakannya capaian atas opini WTP Murni adalah upaya kita bersama yang tidak mudah, dan untuk mempertahankannya adalah hal yang lebih sulit lagi untuk itu ditegaskannya meningkatkan ketaatan akan pola rekonsiliasi setiap bulan, triwulan, semester dan rekonsiliasi dukungan lainnya adalah alat bantu untuk memperkecil tingkat kesalahan administrasi dan laporan, “Saya berharap juga kali ini dijadikan kewajiban dan budaya bagi siapapun yang dipercayakan sebagai pengelola keuangan SKPD, ucap Eman. Apreasi diberikan juga pada pihak BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan Pembangungan) yang senantiasa memberi dukungan melalui tuntunan, arahan bagaimana seharusnya mengelola keuangan dengan baik dan benar sesuai aturan yang berlaku kepada pihak Pemerintah Kota Tomohon sehingga bisa meraih Opini WTP dari pihak BPK RI.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP  Sihar Panjaitan AK MM CA CFrA QIA mengatakan dalam proses yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan disetiap daerah, pihaknya tentunya memberikan tuntunan, pemahaman atau metode bagaimana cara untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar sehingga wujud dari kesemua itu, ketika pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan keuangan sesuai dengan aturan yang berlaku dipastikan akan dengan mudah memperoleh opini yang baik dari pihak BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI dalam hal pengelolaan keuangan.

Sebelumnya Kepala Dinas DPPKBMD Dr Juliana D Karwur Mkes MSi mengungkapkan Rakorev ini dilaksanakan guna memantapkan koordinasi dan keterpaduan program yang bertujuan untuk mendorong pengelolaan APBD yang sehat, efisien, efektif serta dalam rangka mendorong penyerapan APBD yang optimal dan tepat waktu.

Hadir dalam kegiatan ini Tim BPKP perwakilan Sulut masing-masing Agus Catur Hartanto, bersama Agus Widodo, hadir pula Unsur PT. Taspen Manado Theresia Lumingkewas sebagai Kabid Pelayanan & Manfaat bersama Marwan Tahumil sebagai Account Officer. Hadir sebagai peserta para SKPD jajaran Pemerintah Kota Tomohon termasuk para PPK, Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerimaan serta Pengurus dan Penyimpan Barang SKPD.

rakoref 1 rakoref 3 rakoref 2

About Echel

Check Also

BUPATI FDW DAN WABUP PYR HADIRI SOFT OPENING GEDUNG REKTORAT UKIT DAN PEMBUKAAN SMST GMIM KE-35

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH bersama Wabup Pdt. Petra Yani Rembang,menghadiri Soft Opening …