web analytics

Rambitan Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di PKM Remboken

Minahasa-Sulutlink.com-Kegiatan Vaksinasi Covid-19 yang berlangsung di Puskesmas (PKM) Remboken dipantau langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dr Maya Rambitan, MKes Sabtu (30/01).

Kepada beberapa media Rambitan mengatakan bahwa Vaksinasi Covid -19 aman dan halal, “sejak pelaksanaan vaksinasi sampai saat ini, penerima vaksin tidak ada keluhan gejala berat tetapi yang ada hanya gejala ringan dan tidak memerlukan pengobatan lanjut. Ini salah satu bukti bahwa Vaksinasi Covid-19 aman dan halal,” katanya.

Dirinyapun yang sudah divaksin sampai saat ini tidak merasakan gejalah apa-apa sehingga diharapkan kepada seluruh masyarakat di minahasa untuk menerima vaksinasi covid-19 ini, “kepada seluruh masyarakat untuk bersama sama berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona dengan menerima vaksin covid-19,” harapnya.

Sasaran vaksinasi tahap pertama ini dikususkan untuk para nakes yang tersebar di puskesmas dan rumah sakit yang ada di Minahasa dan selanjutnya menunggu petunjuk dari kementerian untuk tahap selanjutnya yaitu masyarakat Umum.

Untuk diketahui sebelum divaksin dilakukan skrening untuk mengetahui apakah layak di vaksin, ada beberapa kriteria yang tidak dapat menerima vaksin, “vaksinasi diberikan kepada yang berusia antara 18 tahun sampai 59 tahun, tidak memiliki penyakit hipertensi, diabetes, ginjal menderita penyakit saluran pernapasan kronis, penderita penyakit paru-paru, termasuk pada saat skrening tekanan darah diatas 140/90 vaksinasi tidak diberikan, penderita HIV juga tidak bisa divaksin,”jelasnya.

Adapun vaksinator yang tersebar di puskesmas dan rumah sakit di Minahasa berkisar 50 orang. Dr Maya Rambitan M,Kes selaku Kadis Kesehatan mengajak Kepada masyarakat untuk jangan takut menerima Vaksinasi Covid-19, “sesuai dengan tahapan tahapan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dimana ada tiga tahapan vaksinasi yaitu nakes, TNI-Polri bersama para ASN dan untuk tahapan ketiga masyarakat umum, untuk itu kepada masyarakat umum kiranya dapat menerima vaksinasi ini.

Lebih lanjut dikatakan Kepala Puskesmas Remboken dr Lucy Kaeng bahwa nakes yang ada di PKM Remboken sangat menantikan kesempatan untuk di vaksinsansi dan hari ini bersyukur boleh divaksin, disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Minahasa, dan Camat Remboken Drs Yoris Tumilantow bersama personil Koramil Remboken.

“Setelah dicanangkan pelaksanaan vaksinasi di Minahasa oleh Pak Bupati, hari ini Nakes PKM Remboken boleh menerima vaksinasi Covid-19, kami memyambut dengan antusias,” ungkapnya.

(prokla)

About Prokla

Check Also

Polisi, TNI dan Satpol PP Minahasa Bersinergi Tertibkan Pelanggar Prokes

Tondano, Sulutlink.com – Polres Minahasa melalui Satuan Sabhara bersama TNI dan Satpol PP Minahasa menggelar …