web analytics

Rapat Khusus Stakeholder Bandara SamRat: Soputan Aman, Waspada Hujan

Rapat khusus menghadapi puncak kunjungan wisatawan ke Sulut. Staf Khusus Gubernur untuk Pariwisata, Angkasa Pura Manado, dan BMKG, di ruang GM AP Manado (18/12).

Manado, Sulutlink.com – Dalam rangka menunjang program Pariwisata Sulut Hebat di mana, pada bulan Desember ini diantisipasi akan memuncak kunjungan turis ke Sulut, Dino Gobel, Staf Khusus Gubernur Sulut, mengadakan rapat khusus dengan stakeholder Bandar Udara Sam Ratulangi, (18/12) di ruangan GM Angkasa Pura (AP) Manado.

Rapat khusus ini yang dihadiri oleh tim AirNav Bandara dan BMKG, membahas tentang erupsi gunung Soputan yang terjadi belum lama ini, dan cuaca di Sulawesi Utara, serta dampaknya terhadap Pariwisata.

Menurut Dino, dari hasil rapat menyimpulkan bahwa erupsi Soputan sudah normal dan tidak akan mempengaruhi aktivitas bandara Sam Ratulangi. Jadi erupsi Soputan aman.

“Kami membahas erupsi Gunung Soputan dan cuaca Sulut dan dampaknya terhadap pariwisata. Hasil rapat mengambil kesimpulan bahwa erupsi Soputan sudah dinyatakan normal. Per 16 Desesember 2018, info Vulkanologi, kondisi Soputan tak lagi erupsi. Dan aktivitas Soputan sebelum  16 Desember 2018, sama sekali tidak mempengaruhi aktivitas bandara yang berjarak jauh dari gunung (8-10 nautical mile). Pihak AP dan Airnav punya SOP jalur darurat jika keadaan buruk seperti pengalihan jalur pesawat. Tapi sampai 16 Desember 2018, erupsi Soputan tetap dinyatakan aman.” Jelas Dino kepada Sulutlink.com.

Tambahnya lagi, berdasarkan informasi dari BMKG, cuaca di Sulut bulan Desember, intensitas hujan naik dan akan memuncak di bulan Januari.

“Pesan BMKG di rapat ini adalah waspadai longsor dan banjir.” tutup Dino. (Denny Sondakh).

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Meidy Tinangon Jadi Nara Sumber Pada Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Penguatan Ideologi dan Wawasan Kebangsaan

  ” Demokrasi dan Wawasan Kebangsaan: Pemilu 2024 sebagai Sarana Integrasi Bangsa” Januari 27.2023.admin.karel tangka …