web analytics

Rapat Proyek Jalur Ambulance di Mantapkan

, Manado,  sulutlink. com- Kinerja Dinas PUPR Kota Manado terus dimantapkan Buktinya,  dinas ini terus mengelar rapat hingga petang hari ( 23 /032018) di kantor BP2JN XV Suwaan Kalawat Minut, bersama para pejabat terkait BP2JN XV ya g dipimpin Kepala Balai  Ir. Riel Mantik.

Menurut Kepala Dinas PUPR Bart Assa Msc Phd,  rapat ini bertujuan untuk menuntaskan verifikasi DED Lajur Evakuasi Gawat Darurat (Lajur Khusus Ambulance) di ruas jalan Bahu-Malalayang. Dan rencana awal lajur khusus ini akan diapit dua baris kansteen di kiri dan kanan jalan.

“Namun setelah dilakukan kajian dan pertimbangan mendalam maka baris kansteen hanya akan dipasang di sisi kanan lajur. Dengan adanya baris kansteen hanya pada sisi kanan lajur, otomatis akan menambah satu lajur di sisi kiri atau jalur arah ke Malalayang dari Bahu akan menjadi 3 lajur dari 2 lajur dengan kapasitas menjadi 900 mobil per kilometer dari 600 mobil per kilometer.” tukasnya

Lebih jauh kata mantan Kepala Bappeda ini,  dengan meningkatnya kapasitas jalur Bahu-Malalayang maka tingkat kemacetan akan berkurang minimal 30% dari semula bilamana lajur ambulance tidak dipergunakan. Dan kemacetan hanya akan sedikit terjadi ketika ada ambulance lewat pada waktu waktu tertentu.” ujarnya.

Diapun menambahkan,  itupun sifatnya sesaat. Dengan demikian, adanya lajur evakuasi gawat darurat dengan satu sisi kansteen tidak hanya akan melapangkan jalan ambulance yg membawa pasien gawat darurat ke RSUP Kandou, tetapi juga akan dapat secara siknifikan meningkatkan kapasitas jalan dan mengurangi kemacetan lalu lintas di ruas jalan arteri primer Bahu-Malalayang.

“Dalam rapat tersebut dibahas pula rencana bersinerginya DPUPR dan BP2JN XV ke depan. Mulai dari bagaimana secara bersama mengatasi banjir dan genangan dalam kota melalui penataan drainase kota pada jalan-jalan nasional yg akan dikerjakan bersama oleh DPUPR Manado dan BP2JN XV hingga pembangunan jalur jalur jalan alternatif untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dalam kota.” pungkas Assa.

(Onal)

 

About Redaksi

Check Also

Vonny Paat Pimpin Rapat Pansus Ranperda Pendidikan DPRD Sulut, Liputo: Kaji Lagi Kebijakan Sumbangan Sukarela Sekolah

  Januari 23.2023.admin: karel tangka Sulutlink.com – Rapat Panitia Khusus (pansus) yang dipimpin Ketua panitia …