web analytics

Rawan Bencana, Waspada Cuaca Ekstrim di Sulut yang Berpotensi Hujan Badai

Hujan lebat disertai Angin, Keadaan Cuaca titik pantauan di Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa, Senin 6/2/2017 (Foto Eksklusif. Billy J.L)

Sulutlink.com – Sulawesi Utara, Cuaca ekstrim yang melanda wilayah Sulawesi Utara, menimbulkan curah hujan dengan insensitas  sedang hingga lebat disertai angin kencang yang berpotensi mengarah terjadinya Hujan Badai, kejadian ini telah berlangsung dari hari kemarin Minggu sore (5/2/2017) hingga hari ini Senin (6/2/2017).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini mengenai keadaan cuaca saat ini dengan curah hujan sedang hingga tinggi dan disertai angin kencang yang melanda di sejumlah wilayah Sulawesi Utara (Sulut). 

Sesuai pantauan sulutlink.com di Kabupaten Minahasa, dari kemarin hingga hari ini (senin 6/2/2017), curah hujan disertai angin berlangsung secara kontinuitas dari sedang hingga lebat dan terjadinya pemadaman listrik dari siang tadi.

Akibat dari keadaan ini pula, salah satu Pohon besar tumbang di Jalan protokol Kawangkoan – Langoan, Desa Talikuran Kecamatan Tompaso, salah satu desa di Kabupaten ini.

” Tadi sore pas ta mo pi kaluar rumah tiba-tiba ta lia pohon mangga besar di dekat ta rumah, sementara ada rubuh dan menutup sebagian jalan raya noh, ini koa akibat ujang deng angin kencang yang dari klamarin ndak putus (ejaan manado), ” ungkap Andre Lampus (21) warga di desa tersebut yang tinggal beberapa meter dari lokasi kejadian.

Menurut Lampus kejadian ini dapat langsung diatasi oleh Aparat terkait dan jalan sudah bisa dilewati kendaran kembali.

Pauntauan di Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara kondisi cuaca yang terjadi kurang lebihnya sama dengan kabupaten Minahasa, hujan yang disertai angin kencang dan di sebagian wilayah juga terjadi pemadaman listrik.

Sesuai himbauan BMKG Sulut, diharapkan masyarakat di Kota Manado, Tomohon, Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow dan Bolaang Mongondow Utara, berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan bila harus melakukan aktivitas luar rumah. (bjl)

About Redaksi 2

Check Also

Meidy Tinangon Jadi Nara Sumber Pada Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Penguatan Ideologi dan Wawasan Kebangsaan

  ” Demokrasi dan Wawasan Kebangsaan: Pemilu 2024 sebagai Sarana Integrasi Bangsa” Januari 27.2023.admin.karel tangka …