web analytics

Kapolres Minsel Keluarkan Maklumat Larangan Anak Sekolah Pakai Kendaraan Bermotor Saat Jam Sekolah

Minsel,Sulutlink.com – Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo,SIK mengambil kebijakan, mengeluarkan maklumat melarang anak sekolah membawa kendaraan bermotor disaat jam sekolah diwilayah hukum Polres Minahasa Selatan.

Hal ini dilatar belakangi oleh tingginya pelanggaran lalu lintas dan kejadian laka lantas yang terjadi dikalangan anak sekolah atau anak di bawah umur.

“Maklumat ini kami buat sebagai suatu kebijakan kepolisian, menyikapi tingginya angka pelanggaran maupun laka lantas yang sering melibatkan kaum pelajar seperti pada pekan lalu, kita melihat peristiwa laka lantas di Kecamatan Motoling yang menyebabkan 2 (dua) siswa SMP meninggal dunia,” ujar Kapolres.

Dilihat dari segi umur, rata – rata siswa/siswi memang belum layak mengendarai kendaraan bermotor karena belum memiliki SIM sebagaimana dengan UU No 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan.

Dia juga menegaskan, apabila didapati ada anak sekolah yang mengendarai kendaraan bermotor disaat jam sekolah, maka kepolisian akan langsung mengamankan kendaraan tersebut dan akan menindak sebagaimana aturan yang ada.

Menurutnya, selain mengamankan kendaraan bermotor polisi juga akan memanggil orang tuanya untuk dilakukan pembinaan.

Diharapkannya, agar kebijakan kepolisian dalam berupa maklumat ini dapat didukung oleh pihak sekolah, orang tua, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga masyarakat.(JoTam)

About JoTam

Check Also

Reses I/2023 Ayub Ali terima Aspirasi Warga terkait Normalisasi Sungai Mahawu

Apr. 26.2023. admin: karel tangka Sulutlink.com — Legislator Provinsi Sulut Ayub Ali, gelar Reses I …