web analytics

RDP Ketua DPRD, Pimpinan dan Anggota Komisi IV bersama Badan Penyelenggara PTS Manado

Manado, Sulutlink.com – Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen Sp.B KBD menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta (BPPTS). Rapat dibuka Ketua Komisi IV Vonny Paat, yang didampingi Anggota Komisi Agustien Kambey, serta Yusra Alhabsyi, bertempat di Ruang Serba Guna Lt. 3 Kantor DPRD Provinsi Sulut, Selasa (13/9/2022).

Pantauan media sulutlink.com, diruang serbaguna kantor DPRD Sulut tampak kurang dari 40 Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Sulawesi Utara mengutarakan aspirasi mereka langsung kepada Ketua DPRD bertepatan pimpinan DPRD hadir dalam RDP tersebut.

Pimpinan DPRD mendapat sejumlah aspirasi dari para Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta berupa permohonan agar DPRD Sulut Pada pertemuan yang dihadiri langsung Ketua DPRD Sulut, dapat memfasilitasi kerinduan mereka guna mendapatkan bantuan fasilitas pendidikan mengingat di Sulut keberadaan PTS berada dibawa Asosiasi Penyelengara Perguruan Tinggi Swasta Manado, terkesan kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Ketua Komisi IV mengemukakan bahwa DPRD akan berupaya bisa membantu kesulitan yang dihadapi oleh PTS, dan untuk alokasi anggarannya akan dilakukan pertemuan bersama dalam pembahasan di APBD-P, terang Paat.

Ketua DPRD, Fransiscus Andi Silangen saat wawancara media, usai rapat dengar pendapat, mengapresiasi aspirasi yang disampaikan para pimpinan PTS di Sulut. “Nanti lewat APBD-P yang akan segera dibahas untuk bagaimana memikirkan apa yang menjadi aspirasi mereka karena kami peduli dengan pendidikan, sebab jika penyelenggaraan pendidikan baik maka akan menghasilkan SDM berkualitas,” kata Silangen.

Para Pimpinan PTS berharap melalui Pimpinan dan Komisi IV agar DPRD dapat memperjuangkan ke pemerintah melalui Kementrian Pendidikan agar di Sulawesi Utara dapat berdiri Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) bagi penyelenggaraan PTS di wilayah Sulut, sekaligus meminta agar DPRD dapat mengawal aspirasi yang disampaikan, agar LLDikti dapat berdiri di Sulut, selain dapat mengalokasikan bantuan pendidikan.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Sulut Vonny Paat mengatakan Pemerintah Provinsi telah mengalokasikan bantuan pendidikan lebih dari 20% dari APBD.”

Sudah banyak bantuan bagi PTS meskipun belum semua, karena pemerintah sangat peduli dengan Pendidikan,” tutur Paat.

Terungkap terkait data keberadaan PTS di Sulut ada sekira 40 lebih PTS (versi wawancara Ketua DPRD), dan ada sekira 1.114 dosen dan ada sekira 30.000 mahasiswa tertampung di PTS Sulut.

DPRD Sulut berharap akan berjuang bisa masuk PTS dan bisa dimasukan dengan Maluku Utara, maka Sulawesi Utara jadi Pusatnya.

Terkait usulan untuk anggaran Bea Siswa S1, S2, akan dibahas lagi melalui APBD-P, sedangkan usulan untuk S.3 ada 5 orang keterwakilan beberapa PTS bisa disekolahkan masuk S3,” tandas FAS. editor: Karel.

About DeProS Red

Check Also

Kendaraan yang di bakar warga

PELAKU DOGER ANJING BERHASIL LOLOS DARI AMUKAN WARGA

Minahasa Selatan,Sulutlink.com Aksi doger hewan peliharaan anjing dengan cara menebar Potas kembali terjadi di Desa …

Leave a Reply