web analytics

RDP Komisi III DPRD Sulut Bahas Tarif Angkutan Baru dengan Dinas Perhubungan

 


Manado, sulutlink.com – Komisi III DPRD Sulut mengundang Rapat Dengar Pendapat dengan Dinas Perhubungan Provinsi Sulut, Senin (12/9/2022) pasca kenaikan tarif angkutan akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diumumkan pemerintah pada Sabtu lalu.

Rapat dengar pendapat dipimpin langsung oleh ketua Komisi III, Berty Kapojos didampingi Wakil ketua Stella Runtuwene, Sekretaris, Amir Liputo, Boy Tumiwa, Sherly Tjanggulung, Yongkie Limen dan Arthur Kotambunan. Hadir memenuhi undangan Staf Dinas Perhubungan Kabid
Pengembangan System Transportasi, Stenly Patimbang dan Jajaran.

Pantauan media sulutlink.com, Komisi III minta Dinas Perhubungan dapat menjelaskan masalah tarif baru angkutan di provinsi yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi Sulut. Selain itu disela pembahasan masalah tarif baru, Sekretaris Komisi Amir Liputo, Sherly Tjanggulung, Ayub Ali minta Dishub menjelaskan terkait standard tarif harga tiket pesawat terbang, dan kapal laut yang melayani Talaud dan daerah perbatasan.

Menanggapi pertanyaan anggota komisi III, dinas perhubungan menjelaskan bahwa tarif baru, belum ditanda tangani oleh bapak Gubernur.

“Kami akan upayakan hari ini juga bisa ditandatangani oleh Gubernur,” jelas Kabid Stenly Patimban.

Lanjut Kabid Stenly, menambahkan bahwa kenaikan tarif angkutan baik darat maupun laut mengacu dari peraturan menteri perhubungan KM 57 dan KM 89.

“ dalam menentukan tarif baru ada hitungan yang mengikuti rumusnya, seperti mengikuti variabel yang menjadi pertimbangan. Ada penetapan sesuai harga batas bawah, dan batas atas,” imbuhnya.

Komisi III minta Dishub sulut agar tarif angkutan baru bisa secepatnya diterbitkan agar menjadi dasar hukum, baik bagi sopir maupun calon penumpang.

“Ini menjadi perhatian kami Komisi III, penting untuk diapresiasi masalah berlakunya tarif, kalau boleh secepatnya terbitkan terkait tarif angkutan yang baru. Karena dengan diterbitkannya tarif baru, maka akan menjadi dasar bagi sopir atau pemilik angkutan maupun, karena harga BBM sudah naik sejak Sabtu lalu.Dampak dari kenaikan tarif angkutan, yang merasakan langsung adalah penumpang maupun masyarakat.” pungkas Berty Kapojos. editor: Karel.

About DeProS Red

Check Also

Kendaraan yang di bakar warga

PELAKU DOGER ANJING BERHASIL LOLOS DARI AMUKAN WARGA

Minahasa Selatan,Sulutlink.com Aksi doger hewan peliharaan anjing dengan cara menebar Potas kembali terjadi di Desa …

Leave a Reply