web analytics

RDP KOMISI IV BAHAS APBD 2023, PAAT:PERTANYAKAN RKA DINKES DAERAH SULUT


Sulutlink.com – Kita ketahui bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulut terkonsentrasi pada pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023.

Kali ini Komisi IV DPRD Sulut melakukan pembahasan bersama mitra kerja terkait anggaran 2023 Dinas Kesehatan Daerah Sulut, Rabu (2/11/2023).

Ketua Komisi IV Dra. Vonny Jane Paat mempertanyakan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) atau dokumen perencanaan dan penganggaran yang berisi rencana pendapatan, rencana belanja program dan kegiatan SKPD serta rencana pembiayaan sebagai dasar penyusunan APBD.

“APBD Sulut Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp3,8 Triliun, sesuai undang- undang anggaran kesehatan harus 10 persen dari APBD, Komisi IV mendapati Pagu atau Alokasi Dana Dinas Kesehatan Daerah Sulut untuk tahun Anggaran 2023 hanya Rp164 Miliar, yang artinya tidak sesuai perintah undang-undang,” ungkap Paat.


Vonny Paat menjelaskan bahwa, mengacu pada UU No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, dimana besaran anggaran kesehatan pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota disebutkan dialokasikan minimal 10 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah di luar gaji.

Berikut jawaban Kepala Dinas Kesehatan dr. Debie Kalalo menjelaskan angka tersebut belum masuk tujuh UPTD.

“Jika diakumulasi dengan tujuh UPTD yang ada di dinas totalnya menjadi Rp379 Miliar di dalamnya termasuk pembiayaan gaji,” jelas Kalalo.

Kata Paat, ini tetap masih tidak sesuai undang-undang.

“Pembayaran gaji tidak bisa diakumulasi untuk kemudian menjadi bagian dari 10 persen,” pungkas Paat.edit: red.2 Rel.

About DeProS Red

Check Also

KPU SOSIALISASIKAN PEMUTAHIRAN DATA PEMILU 2024, KERAHKAN PANTARLIH 15 KABUPATEN KOTA SE SULUT

  Februari 1.2023. Admin: karel tangka Sulutlink.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara …