web analytics

RDP KOMISI IV DPRD SULUT, KADIS DP3A PAPARKAN PROGRES KINERJA DINAS TAHUN 2021-2022

 

Manado, Sulutlink.com – Kepala Dinas (Kadis)  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Daerah Sulut, Kartika Devi Tanos, MARS dihadapan Tim Komisi IV DPRD Sulut, Kadis Tanos lengkap memaparkan sekilas progres kedinasannya pada Rapat Dengar Pendapat (RDP), dengan Komisi IV DPRD Sulut diruang rapat komisi pada Jumat, 19/8/2022.

Ada 51 orang dengan 37 orang ASN dan 14 orang THL kemudian yang di UPTD TPA itu ada 12 orang 8 orang dan THL ada 4 orang. Pagu perempuan dan perlindungan anak khususnya di bawah UPTD TPA kami memiliki tenaga tenaga ahli dalam hal ini ada dokter rohaniawan kemudian juga ada advokad kemudian psikolog klinis dan pekerja sosial (peksos). In diperuntukkan untuk para korban kekerasan anak dan perempuan serta ada pendampingannya khusus dari tim ahli kami.

Adapun Pagu Anggaran dari DP3A di Tahun 2022 ini sebelum adanya refocusing ini ada sekitar.Rp. 9 miliar terdiri dari Pagu anggaran per bidang atau di UPTD dan memang paling banyak atau sekitar 68,2% ada di sekretariat dinas karena di dalamnya juga ada untuk penganggaran gaji pegawai dan THL kemudian juga ada di bagian lain yang terbanyak, ada di bidang pubg atau bidang persamaan gender, dan kualitas keluarga sebanyak kurang lebih, karena di dalam sini juga ada pengadaan pengadaan untuk peningkatan kesejahteraan perempuan dalam hal ini perempuan dengan masalah-masalah sosial seperti perempuan sebagai kepala rumah tangga, perempuan penyintas kekerasan, perempuan penyintas korban bencana dan perempuan sebagai kepala rumah tangga atau perempuan prasejahtera kemudian juga ada di bidang perlindungan hak perempuan atau sekitar 4,35%, Ada juga di bidang partisipasi masyarakat atau sekitar 1,91% dari anggaran dan bidang perlindungan khusus dan pemenuhan hak anak sekitar 4, 72% dan yang di UPTD pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak adalah 4, 76% ini pagu anggaran yang sudah direfocusing.” papar Kartika.

Ada target kinerja kurang lebih 39 lembaga yang diundang pada waktu bidang sosial hukum melalui kebijakan dan pendampingan peningkatan partisipasi perempuan dalam politik hukum sosial dan ekonomi yang kewenangan provinsi.

Disini kami melakukan bantuan-bantuan kepada kepala keluarga pada bulan Februari di kabupaten kota yang menjadi prioritas antara lain, Bolaang Mongondow Timur, Minahasa Selatan, Sitaro, Manado, Sangihe sebelumnya pada tahun 2021 kami juga sudah melakukan kegiatan yang sama untuk pemberian bantuan kepada perempuan kepala keluarga pada bulan November tahun 2021 tentunya yang menjadi target Kabupaten kami berbeda dengan kabupaten yang pada Tahun 2022 jadi bergantian diberikan bantuan nya.Dan
bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan juga bekerjasama dengan bank sulutgo.

Terkait hal ini kami melakukan pelatihan yang diberikan kepada para perempuan perempuan yang menjadi target kami seperti anak-anak perempuan diberikan pelatihan secara gratis melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak memberikan peralatan sesuai dengan pelatihan yang mereka dapatkan secara gratis.

Hal ini mengacu sesuai dengan anjuran Presiden Jokowi untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan di bidang perekonomian.

Foto Istimewa Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Sulut bersama DP3A Daerah Sulut

Setelah mendapatkan pelatihan yang gratis kemudian peralatan yang gratis, dari bank sulutgo juga membantu dalam bentuk pemberian kredit usaha ringan tanpa anggunan oleh bank sulutgo dengan syarat-syarat, pada pelatihan tahap 1 sudah dikerjakan Kabupaten Minahasa Bolaang Mongondow Timur dan Selatan untuk pesertanya atau untuk perempuan perempuan yang menjadi target dan sudah dikonsultasikan atau dikoordinasikan dengan kabupaten kota. Mereka yang memilih sesuai dengan persyaratan, kami sudah sampaikan kepada kabupaten kota.

Selain itu ada juga di program yang sama memfasilitasi kegiatan organisasi perempuan seperti kegiatan organisasi KIAD.atau Kerukunan Istri Anggota Dewan seperti kegiatan kunjungan kerja ke Kabupaten Manggarai Barat yang sudah kami laksanakan pada bulan Mei, disamping itu ada juga kegiatan lain kami memfasilitasi kegiatan organisasi perempuan yang lainnya yaitu bantuan kepada perempuan dan kepala keluarga pada bulan September yang akan kami laksanakan ini di Boltim di Minahasa, Bolsel, Sitaro, Manado, Mitra, Sangihe dan dan memfasilitasi kegiatan Dharma wanita persatuan.

Selain itu akan ada kegiatan bidang politik hukum sosial dan ekonomi yang kegiatannya ini akan diadakan di Kota Manado. Kegiatan-kegiatan dari bidang- bidang ini diselenggarakan secara bergilir. Jadi kami juga memberikan kesempatan kegiatan ini pun dilakukan di kabupaten kota, dalam rangka membantu mereka yang ada di dan kota.” tandas Istri tercinta, Wagub Sulut.

Hadir pada RDP KOMISI IV Vonny Paat Ketua Komisi, Wakil Ketua Mohamad Wongso, Sekretaris Komisi Cindy Wurangian, Anggota Agustien Kambey, Sjenny Kalangi. Kadis DP3A Kartika Devy Tanos,MARS didampingi Kabid, Kasub dan Jajarannya (lengkap). Editor: Karel.

About DeProS Red

Check Also

Apel Akbar Panji Yosua, James Sumendap SH. MH Sampaikan Olly Dondokambey Sebagai Kaisar Panji Yosua

Mitra – sulutlink.com – Apel Raya Panji Yosua – Panglima Panji Yosua Pria Kaum Bapa …