web analytics

Response 2C Over One Major Opening

Oleh : Bert Toar Polii


Sulutlink.com
– Terhadap pembukaan one major saat ini sedang menarik perhatian adalah jawaban artificial 2C. Umumnya memakai jawaban 2C sebagai natural 4+ kartu club atau balanced dan forcing to game.
Ide ini dasarnya agar bid 2 over one sesudah pembukaan 1 major menunjukan 5+ kartu di warna yang di bid. Dengan demikian jika anda
hanya pegang Jxxxx dan distribusi balanced maka 2C menjadi pilihan bid.
Sayangnya walaupun penawaran menjadi lebih akurat tetapi harus menambahkan tawaran artificial untuk melengkapi dan ini banyak pemain yang kurang suka.
Pemain bridge umumnya terdiri dari dua type pemain dalam memahami sistim yang akan digunakan. Ada pemain yang senang bidding yang simple dan condong kearah natural mereka dinamakan traditionalists dan ada pemain yang senang bidding yang berbelit-belit untuk mencapai kontrak terbaik. Pemain seperti ini disebut golongan scientific.
Beberapa tahun yang lalu pernah dibuat pertandingan antara traditionalists melawan scientific. Ada 3 kali pertandingan dimana terakhir tahun 1992 antara London 1992: Scientists (Hamman-Wolff, Meckstroth-Rodwel mengalahkan Traditionalists (Chagas-M. Branco, Forrester-Robson) dengan 70 IMPs sesudah 128 borad dan memenangkan hadiah $50,000. Buat yang tradisionalist hanya diperkenankan main sistim standart weak NT dan tanpa konvensi kecuali Blackwood. Tanpa konvensi itu ternasuk Stayman sekalipun sedangkan scientific boleh main apa saja konvensi yang diinginkan.
Mari kita lihat problem penawaran ketika responder memberikan fit warna pertama atau kedua opener dan slam interest.
Versi Djarum Bridge Club Syatem oleh M Bambang Hartono tahun 2014
1H 2C 1S 2C
2D Natural Sama
2H 6 kartu H Natural 4 kartu
2S Natural 4 kartu 6 kartu S
2NT Balanced 12-17 Sama
3C Natural 4 kartu Sama
Sampai disini sepertinya tidak ada masalah. Problem yang muncul adalah bagaimana bid selanjutnya. Pada tulisan ini penulis hanya akan membahas tentang ketika responder ada fit warna pertama opener dan slam interest.

1H 2C 1S 2C
2D 2H 2D 2S
Pada sekuense ini dibuat rule 9 kartu dimana jawaban mengikuti step dan melewati ketika warna yang dibid adalah warna opener.
Rule 9 kartu itu ada 3 step 5422 atau tidak ada pendek kemudian pendek warna (SPL) paling rendah disusul pendek warna paling tinggi.
2S Tidak ada pendek 2NT Sama
3C SPL C 3C Sama
3D 5/5 H+D 3D Sama tapi S+D
3H 6H +4D 3H SPL H
3S SPL S 3S SPL S
Sampai disini terlihat bagus sekali. Problem muncul ketika fit warna kedua D karena levelnya sudah lebih tinggi. Djarum Bridge Club kemudian menyederhanakan kalau fit warna kedua cukup berlaku rule 9 sehingga distribusi 5/5 atau 6/4 tidak bisa ketahuan. Cukup bagus jalan keluar yang ditempuh.
Namun ada juga yang tradisionalist yang mau mengalah untuk menggunakan metode ini tapi mengatasinya secara berbeda.
Pemain tersebut cukup membuat aturan, setelah fit di warna major opener bid pendek tapi kalau fit di warna minor cue-bid. Ini jalan keluar yang sederhana tapi jelas kurang akurat.
Penulis yang cukup berpengalaman menggunakan sistim yang kompleks dimulai tahun 80an menggunakan sistim Medium Club Relay atau lebih dikenal dengan MCR karangan Alm. Alex Fransz memberikan nasehat, apapun aliran yang kita pilih bukan masalah, Satu hal yang paling penting adalah partner menyetujuinya.
Karena semakin rumit sistim yang digunakan akan semakin mungkin untuk ada pemain yang lupa.
Penulis punya banyak pengalaman yang menarik tentang ini. Namun dua kejadian yang sulit terlupakan adalah pertama saat berpasangan dengan Alm. Munawar Sawiruddin. Ia buka 2NT dan saya dengan tenang bid 3NT dan sesudah tray didorong baru sadar 3NT ikut konvensional. Menurut sistim yang kita gunakan kalau hanya mau main 3NT maka harus bid 3S dimana partner wajib bid 3NT dan kita dengan senang hati pass. Mujur tidak terjadi kecelakaan di papan ini karena Munawar juga lupa dan ia pass 3NT.
Kejadian berikut bermain dengan Alm. Memed Hendrawan dimana ia buka 2D artificial 3 suiter SPl D atau (34)15) selanjutnya saya tahu sudah terjadi salah pengertian dan berharap ada kemungkinan untuk pass pada saat bidding tertentu. Mujur Kembali terjadi Memed sesuai step harus bid 4NT dan saya tinggal. Ia bermain bagus dan kontrak bikin.

About Redaksi 2

Check Also

Mario Mambu/Cliff dari Raewaya Sulut Tetap Pimpin Seleknas Putra AG 2022

Mario Mambu/Cliff dari Raewaya Sulut terus memimpin Seleknas Putra AG 2022 yang sedang berlangsung di …