web analytics

Rocky Wowor Desak Pemerintah Kabupaten/Kota di Sulut Bentuk BPSK

Manado, Sulutlink.com – Belum terbentuknya Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) di Kabupaten/ Kota se Sulawesi Utara mendapat perhatian dari anggota DPRD Provinsi Sulut Rocky Wowor.

Pembentukan BPSK sendiri telah diamanatkan dalam UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Permen Nomor 6 Tahun 2017 tentang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).

Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara Rocky Wowor menjelaskan, personil BPSK bertugas melalui Surat Keputusan (SK) Gubernur melalui usulan dari Disperindag Kabupaten/Kota kepada Disperindag provinsi.

Menurutnya, Disperindag Kota Manado harus yang paling cepat untuk membentuk BPSK, karena mengingat Kota Manado sebagai ibukota dari provinsi Sulut, yang paling banyak ditemuinya permasalahan yang merugikan konsumen.

Desakan Rocky Wowor mendapat respon dari advokat E.K Tindangen SH yang telah berinisiatif untuk menemui Kadis Perindag Sulut Jenny Karouw dan berharap agar usulan dari Manado ke Pemerintah Provinsi dapat secepatnya direalisasikan.

Dia mencontohkan, kasus fidusia yang sering terjadi diantara konsumen dan produsen ataupun dengan penyedia jasa konsumen, sehingga dapat merugikan konsumen dan ini dipengaruhi karena konsumen kurang berpengetahuan secara hukum.(JoTam)

 

About JoTam

Check Also

Vonny Paat Pimpin Rapat Pansus Ranperda Pendidikan DPRD Sulut, Liputo: Kaji Lagi Kebijakan Sumbangan Sukarela Sekolah

  Januari 23.2023.admin: karel tangka Sulutlink.com – Rapat Panitia Khusus (pansus) yang dipimpin Ketua panitia …