Ronald Sampel: Menyatakan Tolak Aktifitas Tambang di Kabupaten Sangihe

WAWANCARA MEDIA RONALD SAMPEL DPRD SULUT

Manado, Sulutlink.com – Anggota DPRD Sulut, Ronald Sampel, kalau secara pribadi saya menyatakan penolakan aktifitas tambang di Kabupaten Sangihe,” seperti kutipan singkat, disamping itu saya pun mengapresiasi maksud kunjungan  sejumlah tokoh adat, tokoh masyarakat dan LSM yang datang ke Kantor DPRD Sulut  untuk menyampaikan dan mewakili suara rakyat Kabupaten Sangihe, mereka menyatakan, yakni menolak aktivitas tambang di Kabupaten Sangihe,” kata Ronald Sampel kepada sejumlah wartawan di gedung rakyat, Senin (10/5) siang.

Diketahui kedatangan komunitas perwakilan masyarakat Kabupaten Sangihe diterima sejumlah Legislator antara lain, Wakil Ketua DPRD Sulut  DR. Victor J Mailangkay,  SH MH, Ronald Sampel,  Berty Kapojos dan Melky Pangemanan.

Ketika ditemui sejumlah media, legislator dapil Nusa Utara Ronald Sampel (RoSa) menjelaskan terkait kedatangan tokoh perwakilan masyarakat menyatakan menolak aktivitas PT Tambang Mas Sangihe (TMS) di Kabupaten Sangihe.

“Kedatangan mereka membawa misi suara masyarakat dan dengan tegas menyatakan menolak aktifitas tambang emas sangihe (PT. Tambang Mas Sangihe). Dan memang sesuai dengan UU no 1 tahun 2018 tidak bisa dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, karena Kabupaten Kepulauan Sangihe itu terdiri dari 73 ribu hektar, sedangkan ijin yang disetujui 40 ribu hektar,” demikian Rosa merinci alasannya.

” Demi untuk menjaga keberadaan anak cucu kita ke depan, dan jelas kita harus menolak dengan keras,” ujar Rosa.

Diakui Rosa, bahwa TMS ini memang sudah memiliki ijin yang lengkap sesuai dengan aturan koridor yang ada.

“Namun kita ini, negara Hukum, taat hukum, bukan siapa,  ya ada yang menyatakan tidak setuju, langsung di cabut ijinnya, jadi tetap,  ini harus mengacu pada aturannya,” tukas Rosa.

“Kami sudah berkunjung ke kementrian KKP,  nantinya akan ada tindak lanjut, dan ke depan akan ada pertemuan dengan KKP bersama kementrian SDM,” pungkasnya.

“Kalau secara pribadi, saya menolak keras Tambang Mas Sangihe,” tandasnya.

edit: red2.deprov.kst

You must be logged in to post a comment Login