web analytics

RSPD Covid-19 Kitawaya Siap Layani Penderita Penyakit Infeksi, dr Silangen: Perlu Dukungan Penganggaran dari DPRD

Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Rumah Sakit penanggulangan darurat Covid-19 Kitawaya didampingi Ketua DPRD dr. Fransiscus Andy Silangen

Manado, Sulutlink.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey resmikan Rumah Sakit Penanggulangan Darurat Covid-19 Kitawaya Manado.

Dalam sambutanya, Gubernur Olly memberikan apresiasi kepada pimpinan BNPB dan Kementerian Kesehatan yang telah memberikan fasilitas pelayanan Covid-19 bagi pemerintah dan masyarakat Sulut.

“Tentunya ini suatu kebanggaan bagi kita, saya kira kami akan merawat dengan baik fasilitas sarana kesehatan bagi masyarakat Sulut,” kata Olly.

Lanjut  Olly yang terpilih kembali pada pilkada sulut 2020 ini menegaskan kedepannya RS Covid-19 ini akan ditingkatkan, bukan hanya untuk melayani penyakit infeksi karena Covid-19 tapi juga menjadi rumah sakit virus lainnya,” ucapnya.

“Rumah sakit ini akan kita tingkatkan untuk menanggulangi penyakit infeksi lainnya,” tambahnya.

“Saya mengapresiasi kerja sama yang telah terbangun selama ini, baik dari aparat keamanan dan masyarakat sehingga penyebaran Covid-19 Sulut bisa ditekan. Beberapa kabupaten/kota sudah berwarna kuning sudah tidak merah, saya kira kita pertahankan terus ini,” bebernya.

Olly meyakini bahwa keadaan ini dapat menjadikan Sulut sebagai daerah yang siap siaga terhadap pandemi ini sehingga dapat meningkatkan perekonomian Sulut.

“Sulut daerah yang tanggap terhadap Covid-19, saya kira ekonomi kita akan melonjak, karena salah satu daerah pariwisata adalah Sulut,” ujarnya.

Gubernur Olly menghimbau  agar  kesadaran dari masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19, rajin mencuci tangan, memakai masker,  menghindari kerumunan banyak orang sehingga rumah sakit ini tidak padat karena dampak pandemi.

“Kita tidak mengharapkan rumah sakit ini banyak sekali pasien Covid-19 datang, kita siapkan tapi kita tidak mengharapkan,” kuncinya.

Diketahui, RS Covid-19 ini memiliki 85 tempat tidur yang terbagi dari 22 kamar untuk ruang karantina dan lima kamar untuk ruang isolasi.

Ketua DPRD Sulawesi Utara, dr. Fransiskus Andi Silangen mengapresiasi kehadiran Rumah Sakit Darurat Lapangan Kitawaya di Kairagi Manado.

“Tentunya patut kita syukuri hadirnya RS Kitawaya,  karena rumah sakit yang seperti ini tidak semua daerah ada. Kita memiliki rumah sakit seperti ini luar biasa. Tentunya kita siap mengawal segala kegiatan pelayanan  yang disini, kalau perlu ada support penganggaran dari dewan.” kata dr. Silangen kepada wartawan di Manado,  Senin (15/3).

dr. Silangen mengemukakan bahwa Gubernur menyebut ketika pasca pandemi akan  berhenti, rumah sakit ini tetap akan ada dan ditetapkan sebagai rumah sakit khusus infeksi.

Memperhatikan penegasan bapak gubernur, Ketua DPRD menyatakan  akan genjot rumah sakit ini sebagai pusat studi.

“RS ini, juga akan menjadi aset kita khususnya  Fakultas Kedokteran. Unsrat, kan sudah Tipe A.” katanya dengan yakin.

“Di fakultas kedokteran itu ada bidang yang namanya penyakit tropik. Penyakit tropik cuma ada di daerah tropis, yaitu penyakit infeksi yang menular.” ungkapnya.

Kegiatan turut dihadiri oleh  Forkopinda Sulut dan para pejabat struktural dilingkup Pemprov Sulut.



About DeProS Red

Check Also

Cindy Wurangian: Komisi II Minta OJK Jatuhkan Sanksi Hasjrat Multi Finance dan Oto Multi Artha

  Manado, Sulutlink.com – Usaha Perusahaan yang mengelolah Bidang Jasa Keuangan di Sulawesi Utara mendapat …