web analytics

SATU HEKTARE PESISIR DANAU TONDANO-MINAHASA TERBAKAR

Minahasa, Sulutlink.com – Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa, Sulut, Alex Dotulong mengatakan diperkirakan satu hektare rumput liar pesisir Danau Tondano yang terbakar.

“Terima kasih kepada masyarakat dan pemangku kepentingan terkait yang sudah membantu memadamkan api di kawasan ini (pesisir Danau Tondano),” kata Dotulong di Manado, Rabu.

Dotulong menyebutkan daerah pesisir danau yang terbakar berada dekat dengan lokasi wisata Benteng Moraya Tondano.

Petugas pemadam kebakaran yang menurunkan unit kendaraan pemadam kebakaran dan 11 personel dibantu masyarakat berupaya memadamkan api yang mulai menjalar ke salah satu rumah warga yang dekat dengan lokasi kebakaran.

“Hampir dua jam petugas pemadam dibantu masyarakat akhirnya berhasil memadamkan api di lokasi kejadian. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Minahasa mengimbau warga agar waspada terhadap ancaman kebakaran lahan yang terjadi di musim panas ini.

Dotulong menambahkan, saat ini BPBD masih memantau dua lokasi lainnya yaitu di Desa Sawangan (Kecamatan Tombulu) dan Desa Kali (Kecamatan Pineleng).

Di Sawangan, kebakaran terjadi di areal perkebunan, sementara di Desa Kali berada di lokasi tempat pembuangan sampah.

“Titik api di desa Kali berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran Provinsi Sulut dan Kabupaten Minahasa. Upaya memadamkan api ini juga dibantu masyarakat yang diorganisasi oleh pemerintah desa,” ujarnya.

Meski begitu, BPBD akan terus memantau apakah titik api yang terjadi benar-benar padam atau tidak. (ANT/Ryn)

About Redaksi 2

Check Also

Dalam Rangka 31 Tahun Mengabdi, AKABRI ’90 Gelar Bansos dan Vaksinasi

Bitung, Sulutlink.com – Polres Bitung bersama Kodim 1310 Bitung menggelar bakti sosial di lokasi Kawasan …