web analytics

Sekda Minsel Luncurkan KIA dan Akte Kelahiran Gratis

Sekda Minsel, Denny Kaawoan SE, MSi, saat Menyerahkan KIA Kepada Anak-Anak.

Minsel. Sulitlink.com — Bertempat di Aula Waleta, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Minahasa Selatan, Rabu (17/10/18) menggelar peluncuran Kartu Identitas Anak (KIA) di Minahasa Selatan.

Dalam sambutan Bupati Minahasa Selatan, Dr. Christiany Eugenia Paruntu SE,  yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Selatan, Denny Kaawoan SE, MSi,  mengatakan program Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan bukti status anak terkait identitasnya.

Program KIA ini merupakan bentuk tanggungjawab pemerintah, khususnya Kabupaten Minahasa Selatan, untuk memberikan identitas kepada seluruh penduduk di wilayahnya. Hal ini akan membantu untuk meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan masyarakat, khususnya bagi anak-anak.

“Dengan adanya Kartu Identitas bagi Anak, dapat memudahkan dalam pendataan penduduk serta memberikan hak kepada anak dalam beberapa fasilitas yang bisa diperoleh dari kepemilikan KIA, misalnya dalam pengurusan sekolah anak, keimigrasian, pelayanan kesehatan melalui BPJS, transaksi keuangan yang melibatkan kepentingan anak, dan lain-lain.” sebut Denny Kaawoan saat membacakan sambutan Bupati Minsel.

Program KIA ini sehubungan dengan tindak-lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri RI, Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. Sejalan dengan Peraturan Menteri ini, UUD 45 pasal 28D ayat 1 menyatakan bahwa setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.

“Dengan Diluncurkannya KIA di Kabupaten Minahasa Selatan secara gratis, maka setiap anak yang baru lahir selain mendapatkan akte kelahiran, wajib juga mendapatkan KIA,” tambah Kaawoan.

Diakhir sambutan, Sekda Minsel, Denny Kaawoan, menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) sekaligus menyerahkan akte kelahiran secara serentak kepada anak-anak.

Disamping itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Minsel, Drs Corneles Mononimbar, juga menegaskan bahwa dengan diluncurkannya Kartu Identitas Anak (KIA) Kabupaten Minahasa Selatan mencanangkan sebagai kabupaten yang sadar administrasi kependudukan.

“Saya menginformasikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan untuk segera mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) serta Administrasi kependudukan lainnya di Kantor Dukcapil Minsel,” pungkas Corneles Mononimbar.

(RPalit/DS)

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Pemkab Mitra Bergerak Cepat Dalam Rangka Penyusunan RKPD Thn 2023

Minahasa Tenggara, Sulutlink.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) bergerak cepat, Pemkab Mitra mengelar Konsultasi …